Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Membentuk Citra Sekolah Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Magetan

Rahayu, Astri (2022) Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Membentuk Citra Sekolah Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI-ASTRI RAHAYU-302180010-KPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Astri Rahayu. 2022. Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Membangin Citra Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Magetan.Skripsi.Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.
Kata Kunci: Manajemen, Hubungan Masyarakat (Humas), Citra Lembaga Pendidikan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa globalisasi saat ini berkembang dengan pesat dan berdampak pada tajamnya persaingan antar lembaga pendidikan.Salah satunya yaitu MAN 3 Magetan. MAN 3 Magetan merupakan salah satu madrasah aliyah terbaik di Magetan. Dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diraih siswa maupun madrasah. MAN 3 Magetan meupakan madrasah yang semakin visioner guna menjawab persaingan pada zaman sekarang. Hal ini diperhatikan dalam mengahadapi tajamnya persaingan dengan memperhatikan citra positif dari masyarakat untuk tetap mempertahankan eksistensinya. Maka dari itu perlunya manajemen humas untuk meningkatkan mutu pendidikan, memuaskan pengguna dan mendapat citra baik dari masyarakat.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui manajemen hubungan masyarakat (humas) di MAN 3 Magetan dalam membangun citra sekolah. (2) untuk mengetahui capacity building yang dilakukan humas MAN 3 Magetan, (3) dan untuk mengetahui bentuk promosi dan kerjasama humas MAN 3 Magetan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif Miles & Huberman, yang meliputi: reduksi data, penyajuan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) tahapan manajemen humas dalam membangun citra di MAN 3 Magetan melalui tiga tahap, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. (2) Capacity building yang dilakukan oleh humas MAN 3 Magetan yaitu dengan mengikuti perkembangan zaman, yaitu diadakannya program keterampilan meliputi membatik, multimedia, desain grafis, teknik kendaraan ringan, tata busana, tata boga, dan adanya program unggulan yaitu tahfidz quran. (3) Bentuk promosi dan kerjasama yang dilakukan humas MAN 3 Magetan yaitu diadakannya sosialisasi ke sekolah atau lembaga lain, penggunaan media sosial, mengadakan milad, peringatan hari besar Islam (PHBI) dan bakti sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:28
Last Modified: 22 Apr 2022 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18111

Actions (login required)

View Item View Item