Analisis Framing Pemberitaan Aturan Saf Salat Saat PPKM Level 1 Di Media CNN Indonesia.com

Mubarokah, Fauza Ni'amatul (2022) Analisis Framing Pemberitaan Aturan Saf Salat Saat PPKM Level 1 Di Media CNN Indonesia.com. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
03 UPLOAD SKRIPSI FULL FAUZA-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mubarokah, Fauza Ni’amatul. 2022. Analisis Framing Pemberitaan Aturan Saf Salat saat PPKM Level 1 di Media CNN Indonesia.com. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muh. Tasrif, M.Ag.
Kata Kunci: Framing, PPKM, Media Online, CNN
Media online pada saat ini menjadi salah satu media yang digemari masyarakat untuk mencari sebuah berita atau informasi. Penelitian ini meneliti dua berita dari CNN Indonesia.com tentang pemberitaan aturan saf salat saat PPKM level 1. Tujuan penelitian ini yaitu melihat bagaimana CNN Indonesia.com membingkai dua pemberitaan tersebut dengan empat dimensi struktural yaitu sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Adapun rumusan masalah nya yaitu (1) Bagaimana framing CNN Indonesia.com pada pemberitaan aturan saf salat saat PPKM level 1 dalam struktur sintaksis? (2) Bagaimana framing CNN Indonesia.com pada pemberitaan aturan saf salat saat PPKM level 1 dalam struktur skrip? (3) Bagaimana framing CNN Indonesia.com pada pemberitaan aturan saf salat saat PPKM level 1 dalam struktur tematik? (4) Bagaimana framing CNN Indonesia.com pada pemberitaan aturan saf salat saat PPKM level 1 dalam struktur retoris?
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi literature dengan metode analisis teks media. Pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki dengan empat dimensi struktural yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) struktur sintaksis, berita 1 di bingkai dengan lebih bersifat informatif, dan berita 2 di bingkai dengan lebih bersifat persuasif. (2) struktur skrip, dua pemberitaan ini sudah memperhatikan standar kelengkapan berita 5W+1H. Berita 1 menekankan pada unsur what (apa) dan who (siapa) dan berita 2 menekankan pada what (apa) who (siapa) dan why (mengapa). (3) struktur tematik berita 1 menggabungkan dua pernyataan dalam pemberitaan ini yaitu statement dari narasumber dan juga opini dari CNN Indonesia.com dan berita 2 berisi pernyataan dari narasumber utama dalam berita dan juga statement dari pihak lain tanpa ada opini dari CNN Indonesia.com (4) struktur retoris dua berita sama-sama menggunakan ilustrasi foto saat salat jemaah, perbedaannya berita 1 menunjukkan saf salat yang rapat dan berita 2 menunjukkan saf salat yang renggang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh.Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:27
Last Modified: 22 Apr 2022 06:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18110

Actions (login required)

View Item View Item