...(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)...UPAYA PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM MENGATASI STRES PADA NARAPIDANA PEREMPUAN DI RUTAN KELAS IIB PONOROGO

Janah, Azizatul (2022) ...(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)...UPAYA PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM MENGATASI STRES PADA NARAPIDANA PEREMPUAN DI RUTAN KELAS IIB PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak: Keadaan mental narapidana saat pertama masuk rutan sangatlah berpengaruh pada kondisi kesehatannya dalam menjalani masa pemidanaannya. Situasi lingkungan yang penuh dengan peraturan ketat, pembatasan bersosialisasi dan lingungan yang jauh dari kata bebas harus dirasakan karena kewajibannya dalam menjalani masa tahanan, hal tersebut dapat memicu terjadinya stres. Stres adalah suatu reaksi seseorang baik dalam bentuk fisik maupun mental karena adanya suatu perubahan di lingkungan sekitarnya yang dapat mengakibatkan dirinya merasa teracam karena perubahan tersebut. Maka, dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana kondisi psikologis narapidana perempuan, bentuk usaha yang dilakukan petugas dalam mengatasi stres pada narapidana perempuan, dan memaparkan hasil dari usaha petugas dalam mengatasi stres pada narapidana perempuan di Rutan Kelas IIB Ponorogo.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyuntingan, klasifikasi, verifikasi dan penentukan kesimpulan sementara. Teknik analisis pada penelitian ini dengan menggunakan 3 langkah dianataranya reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif deskriptif dan pentuan kesimpulan akhir, dan untuk pengecekan keabsahannya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi narapidana perempuan yaitu merasa tertekan, takut, cemas, suka menyediri, sedih, merasa bersalah, putus asa, dan udah marah. Usaha yang dilakukan petugas dalam mengatasinya yaitu melakukan pendampingan, pembinaan, memfasilitasi wartel, jadwal video call dan kunjungan, memperbanyak kegaiatan keagamaan, memberikan pekerjaan sesuai dengan minat bakatnya, memberikan kegiatan yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan dan perlu untuk dilakukan untuk mengatasi stres tersebut. Dari berbagai usaha itu pun juga membuahkan hasil yang positif di dalam diri narapidana yang dapat membawanya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Kata kunci: Tertekan, Adaptasi, Pendampingan, Kegiatan Narapidana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:12
Last Modified: 21 Apr 2022 01:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18106

Actions (login required)

View Item View Item