Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Pacitan

Permatasari, Diajeng Intan (2022) Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 3 PACITAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permatasari, Diajeng Intan. 2022. Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Pacitan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Profesionalisme Kinerja Guru
Peningkatan kualitas kinerja guru dapat dilakukan dengan supervisi kepala sekolah. Supervisi yang dilakukan berupa pengawasan kinerja guru. Pelaksanaan supervisi kepala sekolah saat ini masih lemah dan banyak sekolah yang belum melaksanakan supervisi secara maksimal. Hal ini dikarenakan supervisi yang kurang profesional, pemahaman dan supervisi yang masih kaku serta sebatas formalitas. Kondisi ini menunjukkan pelaksanaan supervisi perlu penanganan lebih lanjut. Meskipun, fakta-fakta terkait supervisi belum menunjukkan adanya supervisi yang efektif, MTsN 3 Pacitan menunjukkan hal sebaliknya. Pentingnya pelaksanaan supervisi digunakan sebagai upaya peningkatan kinerja guru dan pengembangan kualitas belajar mengajar sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami: (1). Teknik supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru,
(2). Langkah-langkah supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru, (3). Pemanfaatan hasil supervisi untuk meningkatkan profesionalisme kinerja guru.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Guru. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa (1). Kepala MTsN 3 Pacitan membuat dua tahapan supervisi, yaitu semester ganjil pelaksanaan supervisi administrasi pembelajaran dengan teknik pembicaraan individu dan semester genap pelaksanaan supervisi pembelajaran dengan teknik kunjungan kelas. Untuk evaluasi secara umum dilakukannya rapat. (2). Kepala madrasah melakukan langkah pelaksanaan supervisi yang diawali rapat dinas awal semester untuk menyampaikan agenda supervisi, tim supervisi, jadwal supervisi, dan jadwal guru yang disupervisi. Kemudian melakukan koordinasi dengan tim supervisi dan pelaksanaan supervisi. Setelah pelaksanaan supervisi, dilakukannya penyampaian hasil kemudian pelaksanaan evaluasi hasil dan tindak lanjut. (3). Kepala madrasah melakukan kerja sama dengan waka kurikulum untuk kegiatan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:08
Last Modified: 21 Apr 2022 01:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18103

Actions (login required)

View Item View Item