..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA DI DESA SELUR NGRAYUN PONOROGO

Nur Yudianfi, Zahra (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA DI DESA SELUR NGRAYUN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD_ZAHRA NUR YUDIANFI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Zahra Nur Yudianfi, 2022. Kecemasan Sosial Pada Remaja di Desa Selur Ngrayun Ponorogo.Skripsi.Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Kayyis Fithri Ajhuri, S.H.I, M.A.
Kata kunci: kecemasan sosial, remaja akhir
Usia remaja sangat sensitif pada persoalan kecemasan sosial, terutama pada remaja akhir, yaitu dari usia 19 sampai 22 tahun. Gejala kecemasan sosial yang timbul pada remaja adalah jantung berdebar dengan cepat, sesak nafas, berkeringat, tubuh gemetar, gagap dalam berbicara, gugup, dan bingung.Kecemasan sosial remaja timbul ketika berpikir jika dirinya melakukan suatu kegiatan aakan mendapat penilaian secara berlebihan dari orang lain. Karena adanya permasalahan tersebut pada remaja Desa Selur, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang kecemasansosial pada remaja Desa Selur Ngrayun Ponorogo.
Dari paparan tersebut dirumuskan masalah antara lain: Pertama, bagaimana bentuk-bentuk kecemasan sosial remaja di Desa Selur. Kedua, apa penyebab kecemasan sosial pada remaja di Desa Selur. Ketiga, bagaimana cara mengatasi kecemasan sosial remaja di Desa Selur. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitataif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan penelitian pada remaja akhir yang berjumlah lima remaja yaitu dua laki-laki dan tiga perempuan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sementara (conclusion).
Dari analisis data ditemukan: Bentuk-bentuk kecemasan sosial yang dialami oleh remaja akhir Desa Selur meliputi: cemas menghadapi situasi sosial, kesulitan berinteraksi dengan orang lain,dan tidak pecaya diri.Penyebab kecemasan sosial yang dialami remaja akhir Desa Selur meliputi: cara berpikir,kurang fokus perhatian, dan konteks evaluasi.Dalam mengatasi kecemasan sosial yang remaja lakukan adalah relaksasi, meminta nasehat orangtua dan teman sebaya, dan mengandalkan pada diri sendiri sertamempercayakan pada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:32
Last Modified: 20 Apr 2022 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18099

Actions (login required)

View Item View Item