...(PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI DENGAN STEMPEL JELAS, UPLOAD ULANG)...Kontrol Diri Pada Remaja Penggemar Game Online Di Desa Sidoharjo Pulung Ponorogo

Marista, Elsa (2022) ...(PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI DENGAN STEMPEL JELAS, UPLOAD ULANG)...Kontrol Diri Pada Remaja Penggemar Game Online Di Desa Sidoharjo Pulung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ELSA MARISTA 30318011 BPI SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Marista, Elsa. 2022. Kontrol Diri Pada Remaja Penggemar Game Online. Skripsi.
Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuludin, Adab dan
Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing
Mayrina Eka Prasetyo Budi, M.Psi.
Kata Kunci: Kontrol Diri, Remaja, Game Online
Banyak remaja yang bermain game online terkadang kurang mampu untuk
melakukan kontrol diri. Remaja mengalami perubahan-perubahan setelah bermain
game online yang memunculkan perubahan perilaku dan dampak-dampak yang
bersifat negatif dan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku
remaja penggemar game online, dampak game online pada remaja, dan kontrol diri
pada remaja yang dilakukan di Desa Sidoharjo Pulung Ponorogo. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diambil menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Mengambil tiga sampel remaja penggemar
game online yang sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1
perilaku ketiga subjek remaja penggemar game online yaitu suka menunda
pekerjaan, kurang berminat untuk bersosialisasi, pola hidup yang kurang sehat, dan
sering membantah orang tua. Dampak game online pada ketiga subjek meliputi
dampak negatif seperti mudah marah, perubahan pola makan dan istirahat, sering
dimarahi orang tua dan nilai sekolah mengalami penurunan. Adapun dampak positif
yaitu mereka dapat memahami beberapa istilah bahasa asing, merasa bahagia dan
mengurangi stres. Jenis kontrol diri dari ketiga subjek menunjukkan kontrol diri
yang sama yakni dengan appropriate control atau kontrol yang tepat. Aspek kontrol
diri yang dilakukan ketiga subjek sama yakni kontrol kognitif dan kontrol perilaku.
Kontrol kognitif yang dilakukan ketiga subjek dengan menyadari bahwa bermain
game online sebenarnya kurang bermanfaat. Kontrol perilaku yang dilakukan
ketiga subjek dengan menyibukkan diri untuk melakukan kegiatan yang lebih
positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:31
Last Modified: 20 Apr 2022 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18097

Actions (login required)

View Item View Item