Analisis Hukum Islam Terhadap Larangan Pernikahan Sesama Garis Turun Tiga DiDusun Ngeluk Desa Ngrandu Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo

Sadzili, Mohamad Ali Wafa (2021) Analisis Hukum Islam Terhadap Larangan Pernikahan Sesama Garis Turun Tiga DiDusun Ngeluk Desa Ngrandu Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210116026_Mohamad Ali Wafa Sadzili_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Sadzili Ali Wafa, Mohamad. 2021. Analisis Hukum Islam Terhadap Larangan Pernikahan Sesama Garis Turun Tiga Di Dusun Ngeluk Desa Ngrandu Kecamatan Kauman. Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah Institut Agama Islam(IAIN) Ponorogo Pembimbing Dr. H. Moh. Munir. Lc.,M.Ag.
Kata kunci: Hukum Islam, Adat, Pernikahan
Setiap daerah dalam mengatur pernikahan tentunya ada perbedaan. Perbedaan itu tentunya dengan tujuan yang sama yakni supaya menghindari kemafsadatan dan memperoleh kemashlahatan. Akan tetapi yang perlu digaris bawahi suatu perbuatan dalam rangka menghindari kemafsadatan dan memperoleh kemashlahatan itu tadi bertentangan dengan hukum Islam atau tidak.
Sebagian besar masyarakat Dusun Ngeluk Desa Ngrandu Kecamatan Kauman meyakini bahwa melanggar larangan pernikahan sesama garis turun tiga akan berakibat buruk terhadap keluarga. Pandangan ini tentu berbeda dengan Hukum Islam dan Hukum yang ada di Indonesia.
Dengan ini penulis Mengambil rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap dasar dari larangan pernikahan garis turun tiga di Dusun Ngeluk Desa Ngrandu Kecamatan Kauman (2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap cara masyarakat mensiasati larangan pernikahan garis turun tiga di Dusun Ngeluk Desa Ngrandu Kecamatan Kauman.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang mengunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan metode deduktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa(1) Larangan pernikahan yang terjadi di Dusun Ngeluk Desa Ngrandu Kecamatan Kauman termasuk Urf Fasid, karena sebagaimana yang disampaikan dari narasumber bahwa titik berat jika melakukan pernikahan tersebut akan mendatangkan musibah. Hal ini secara tidak langsung termasuk dalam perbuatan Syirik. Syirik adalah meyakini adanya kekuatan yang bisa mendatangkan manfaat atau mendatangkan mara bahaya selain Allah.(2) Menurut tinjauan hukum Islam khususnya dari segi Urf, cara masyarakat Dusun Ngeluk Desa Ngrandu Kecamatan Kauman mensiasati larangan pernikahan tersebut, itu tidak merubah sifat pernikahan ini dari sisi hukum Islam maupun negara, yangmana bahwa pernikahan garis turun tiga itu diperbolehkan oleh keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Munir
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:30
Last Modified: 20 Apr 2022 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18093

Actions (login required)

View Item View Item