Manajemen Pembelajaran Daring Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19( Studi Kasus TK Fullday School Hadlonah Darussalam Gontor Ponorogo

Ulufah, Aynun Nurul (2022) Manajemen Pembelajaran Daring Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19( Studi Kasus TK Fullday School Hadlonah Darussalam Gontor Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502200006_AYNUN NURUL ULUFAH_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk mencegah penyebaran virus corona di masa pandemi, lembaga pendidikan telah menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh. Oleh sebab itu, keputusan dan kebijakan pemerintah yang telah menerapkan metode belajar dengan sistem pembelajaran daring. Dalam proses pembelajaran daring selama ini, guru dan peserta didik maupun orang tua wali mengalami banyak permasalahan, sehingga pembelajaran daring dianggap kurang efektif. Dalam keadaan yang seperti itu, diperlukan sebuah solusi pembelajaran daring yang efektif dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran daring. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan suatu proses penelusuran, bahwa TK Fullday School Hadlonah Darussalam Gontor menemukan solusinya. Solusinya adalah metode dan teknik pembelajaran yang efektif dan efisien yang menunjang aspek perkembangan anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan, mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 di TK Fullday School Hadlonah Darussalam Gontor. Peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal; yaitu tempat atau lokasi penelitian hanya satu. Peneliti dalam mengumpulkan data penelitian dengan menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian, model Miles dan Huberman yang peneliti gunakan sebagai acuan. Analisis data penelitian berisi tentang pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran daring pendidikan anak usia dini pada masa pandemi covid-19 di TK Fullday School Hadlonah Darussalam Gontor merupakan kegiatan rutin setiap awal semester yang dilakukan secara mandiri oleh setiap guru dimana hasil perencanaannya mencakup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Semester (RPPS), Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) daring; 2) Untuk implementasi pembelajaran daring PAUD di masa pandemi covid-19, TK Fullday School Hadlonah Darussalam Gontor menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai aplikasi utama. Materi disampaikan melalui tutorial di Group WhatsApp seperti voicenote, rekaman video, youtube. Semua materi ini disesuaikan dengan perkembangan siswa. Strategi yang digunakan TK Fullday School Hadlonah Darussalam Gontor adalah daring dan tatap muka (70% daring dan 30% offline); 3) Evaluasi pembelajaran daring TK Fullday School Hadlonah Darussalam Gontor diambil dari pengamatan tugas (foto, video dan rekaman suara) dan melihat kinerja peserta didik dalam mengerjakan tugas langkah demi langkah. Evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa proses interaksi pembelajaran daring lebih efektif, karena efektifnya cara penggunaan aplikasi Whatsaap sebagai sarana komunikasi antara guru dan siswa. Dengan mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru selama proses pembelajaran daring merupakan tujuan dari evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:26
Last Modified: 14 Apr 2022 07:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18089

Actions (login required)

View Item View Item