KARAKTERISTIK DAKWAH BI AL-QALAM (Studi Analisis Buku Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam Karya Hamka)

Al Faqih, Alfan Fahmi (2022) KARAKTERISTIK DAKWAH BI AL-QALAM (Studi Analisis Buku Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam Karya Hamka). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Alfan Fahmi, etesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al Faqih, Alfan Fahmi. 2022, Karakteristik Dakwah Bil qalam (Studi Analisis Buku Prinsip Dan Kebijaksanaan Islam Karya Hamka) Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Munir, M.Ag.

kata kunci: Karakteristik, Dakwah, Bil Qalam, Hamka
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan pemuda Islam yang saat ini mengidap krisis identitas diri yang akut akibat ghazwul fikri (perang pemikiran). Dimana krisis ini menyerang keimanan pemuda Islam yang membuatnya lemah dalam ketauhidan. Ghazwul fikri ini menghancurkan keimanan dan daya tahan akidah umat dan menghilangkan rasa identitasnya sebagai muslim dan kebanggaan akan ajaran-ajaran Islam. Dengan buku “Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam”, Hamka menceritakan pengalamannya dalam pekerjaannya berdakwah bertemu dengan berbagai golongan masyarakat dan watak orang-orang yang dihadapinya. buku ini sengaja Hamka tulis ditujukan bagi calon-calon da’i angkatan muda. Hamka berharap calon da’i angkatan muda dapat mengatasi zaman yang di hadapinya.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui bagaimana bentuk dakwah bi al-qalam Hamka kepada mad’u> dalam buku Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam?. Kedua, mengetahui apa isi pesan dakwah bi al-qalam Hamka kepada mad’u> dalam buku Prinsip dan Kebijaksanaan Islam?. Ketiga, mengetahui apa relevansi dakwah bi al-qalam di zaman Hamka dan di zaman sekarang?. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan pendekatan historis dan interpretasi, serta dokumentasi sebagai metode pengumpulan data.
Hasil penelitian ini: Pertama, dakwah bi al-qalam Hamka dalam tulisan dan media cetak seperti majalah. Kedua, isi pesan dakwah bi al-qalam Hamka, yang disimpulkan meliputi tiga perkara, yaitu: aqidah Islamiah, Syariat, Akhlak. Ketiga, kemudian relevansi cara berdakwah bil qalam di zaman Hamka dan di zaman teknologi sekarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:36
Last Modified: 14 Apr 2022 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18084

Actions (login required)

View Item View Item