Representasi Bumi datar Dalam Video Flat Earth 101 Episode 10B Di Situs Mbakyutube.com (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Tursina, Dewi (2022) Representasi Bumi datar Dalam Video Flat Earth 101 Episode 10B Di Situs Mbakyutube.com (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DEWITURSINA_2017_UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berawal dari suatu fenomena Bumi datar (Flat Earth) yang menimbulkan banyak respon dan efek di masyarakat. Mbakyutube.com hadir secara khusus untuk orang-orang yang ingin menonton video-video buatan Boss Darling yang membahas tentang bentuk bumi dan kontroversi didalamnya. Yang menarik, salah satu video di situs Mbakyutube.com ini Boss Darling menjabarkan bukti-bukti bahwa bumi itu datar melalui ayat-ayat Al Quran. Bukan hanya itu saja Boss Darling juga menunjukan bukti bahwa beberapa cuplikan video ulama dan cendekiawan muslim berbicara mengenai bentuk bumi. Umat muslim telah sepakat bahwa Ka‟bah adalah bangunan yang menjadi kiblat sholat. Para ulama telah sepakat bahwa sholat harus menghadap ke bangunan Ka‟bah. Namun apabila arah kiblat merujuk pada bumi bulat, maka arah kiblat akan menghadap ke luar angkasa, bukan ke bangunan Ka‟bah, begitulah menurut pandangan Boss Darling dalam videonya berjudul Flat Earth 101 episode 10 B.
Dengan latarbelakang scene-scene yang mengandung penjelasan pesan Bumi datar inilah yang perlu kiranya dilakukan penelitian untuk memahami pesan-pesan yang ingin disampaikan pembuat video kepada penonton. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui makna denotasi pesan Bumi datar dalam video Flat Earth 101 eps. 10 B, 2) mengetahui makna konotasi pesan Bumi datar dalam video Flat Earth 101 eps. 10 B 3) serta untuk mengetahui makna mitos pesan Bumi datar dalam video Flat Earth 101 eps. 10 B.
Dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang melontarkan konsep konotasi dan denotasi sebagai kunci dari analisanya. Analisis semiotika Roland Barthes ini yang nanti akan merujuk pada beberapa scene video Flat Earth 101. Dalam beberapa scene nantinya akan dianalisis mengenai makna denotasi, konotasi dan mitos. Berdasarkan denotasi, konotasi dan mitosdalam penelitian tersebut peneliti berkesimpulan bahwa dalam video Flat Earth 101 Episode 10 B digambarkan ilustrasi Bumi datar yang akurat digunakan untuk menentukan arah kiblat dan beberapa ulama yang mendukung teori tersebut berdasarkan Al- Qur’an.
Video Flat Earth 101 Episode 10 B mengandung makna yang sarat dengan pembuktian bentuk bumi karena dalam video ini Boss darling mengklaim bentuk bumi dengan sumber yang bisa dipertanggungjawabkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:33
Last Modified: 13 Apr 2022 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18081

Actions (login required)

View Item View Item