Hak dan Kewajiban Suami Istri di kalangan Keluarga Buruh Pabrik Di Desa Karangdayu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro

Wardayanti, Feby Elyasafitri Ayu (2022) Hak dan Kewajiban Suami Istri di kalangan Keluarga Buruh Pabrik Di Desa Karangdayu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-thesis feby elyasafitri.pdf

Download (935kB)

Abstract

ABSTRAK
Di dalam KHI dan UU No. 1 Tahun 1974 Pasal 34 tentang hak dan kewajiban juga Al-Qur’an surah at-Thalaq ayat 7, di mana suami wajib melindungi istrinya dan memberikan segala keperluan dalam rumah tangga sesuai dengan kemampuannya. Dan istri wajib mengatur urusan rumah tangga sebaik-baiknya. Akan tetapi dalam praktiknya penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus yang terjadi di Desa Karangdayu Kecamatan Baureno di mana istri sebagai pencari nafkah keluarga yang bekerja sebagai buruh di pabrik dan para suami melaksanakan kewajibannya sebagai pencari nafkah keluarga di ladang sawah milik orang lain.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban suami-istri di kalangan keluarga buruh pabrik di Desa Karangdayu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro dan bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban suami-istri di kalangan keluarga buruh pabrik di Desa Karangdayu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan empirik. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitiatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan pada analisis proses kemudian menyimpulkan secara induktif yang diperoleh dari penelitian data di lapangan.
Berdasarkan hasil analisis yang peneliti lakukan disimpulkan bahwa, pertama, pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri dalam kasus istriikut mencari nafkah untuk meringankan beban suami merupakan kebolehan karenasesuai dengan asas perkawinan yaitu asas kesukarelaan antara kedua belah pihak. Dalam arti bisa menjalankan hak dan kewajibannya dengan saling membantu satu sama lainnya. Akan tetapi hal tersebut akan menimbulkan dampak positif yaitu semakin meningkatnya perekonomian keluarga dan dampak negarif yaitu kurang maksimal peran istri dalam mengurus rumah tangga. Kedua, Pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri dibolehkan berdasarkan firman Allah Swt. Surat at-Tahrim ayat 6 dan Pasal 77 Ayat 2 Kompilasi Hukum Islam tentang kebolehan suami istri untuk saling membantu satu sama lain serta memenuhi asas kesukarelaan. Namun, mayoritas suami yang ada di Desa Karangdayu hanya bekerja serabutan jadi tidak cukup jika hanya mengandalkan penghasilan dari suami. Tetapi dengan adanya tanggungjawab bersama dalam menjalankan perkawinan,hal ini kedepannya akan menjadikan suatu perkawinan itu menjadi harmonis dan bisa mencapai tujuan dari rumah tangga sesuai yang ada di hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:15
Last Modified: 04 Apr 2022 01:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18063

Actions (login required)

View Item View Item