Analisis Urf Terhadap Larangan Pernikahan Antar Desa (Studi Kasus Di Desa Kincang Wetan Dan Desa Teguhan Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun)

Fajrun, Muhammad (2022) Analisis Urf Terhadap Larangan Pernikahan Antar Desa (Studi Kasus Di Desa Kincang Wetan Dan Desa Teguhan Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210117120_Muhammad Fajrunnajah Mukhtar_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkawinan merupakan salah satu pokok hidup yang utama untuk membentuk keluarga yang bahagia dan kekal. Dalam tradisi pernikahan di Jawa ada berbagai ragam adat istiadat pernikahan, yang salah satunya tradisi larangan pernikahan antar desa Kincang Wetan dan desa Teguhan. Hal itu dipengaruhi kepercayaan yang dianut oleh masyarakat setempat bahwa dikedua desa Kincang dan desa Teguhan terdapat masih hubungan darah.
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Dari latar belakang di atas penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini yang meliputi: (1) Bagaimana tinjauan ‘urf terhadap larangan pernikahan antar desa desa Kincang dan desa Teguhan, kecamatan Jiwan, kabupaten Madiun ? (2) Bagaimana tinjauan ‘urf terhadap kepatuhan masyarakat terkait larangan pernikahan antar desa Kincang dan desa Teguhan, kecamatan Jiwan, kabupaten Madiun ?.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Kincang Wetan dan Desa Teguhan Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Pendekatan penelitian mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara dan observasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Noviana
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:29
Last Modified: 28 Mar 2022 07:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18056

Actions (login required)

View Item View Item