Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Gabah Di Gapoktan Desa Serangan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo

Permatasari, Utin Dewi (2019) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Gabah Di Gapoktan Desa Serangan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permatasari, Utin Dewi. 2017. Tinjauan Hukun Islam Terhadap Praktek Jual Beli Gabah Di Gapoktan Desa Serangan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Pembimbing : Drs. H. Agus Romdlon Saputra, M.H.I

Kata Kunci: Hukum Islam, Jual Beli,

Pada saat ini dunia usaha mengalami kemajuan yang sangat pesat, khususnya pada transaksi jual beli. Ironisnya masyarakat sudah tidak mengenal dengan adanya jual beli ghara>r. Dan jual beli yang belum diketahui secara jelas mengenai hukumnya apakah sudah sesuai dengan konsep fiqh atau bertentangan. Dalam Jual beli gabah yang dilakukan oleh masyarakat di gapoktan desa serangan praktek jual beli dalam masalah kualitas, gapoktan mencampurkan gabah kualitas bagus dengan gabah yang kualitas tidak bagus.
Rumusan masalah yang diambil dari latar belakang di atas adalah 1. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli gabah di Gapoktan Desa Serangan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo? 2.Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pencampuran kualitas gabah dalam jual beli gabah di Gapoktan Desa Serangan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo?
Adapun tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli gabah di Gapoktan Desa Serangan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo dan Untuk mengetahui Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pencampuran kualitas gabah dalam jual beli gabah di Gapoktan Desa Serangan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research dan menggunakan metode pendekatan kualitatif, Sumber, teknik pengumpulan data, dan observasi. Pengolahan data dalam penelitian ini melalui editing, organizing, dan penemuan hasil data. Adapun metode analisis yang digunakan adalah menggunakan metode deduktif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Pelaksanaan akad jual beli gabah yang terjadi di Gapoktan Desa Serangan sesuai dengan hukum Islam, karena rukun dan syarat penjual dan pembeli sudah terpenuhi. 2. Transaksi jual beli gabah dengan kualitas campuran di Gapoktan Desa Serangan tidak sesuai dengan hukum Islam, karena ada pencampuran barang dagangannya antara barang yang berkualitas baik dan barang dagangan yang berkualitas tidak baik dan hal ini tidak sesuai dengan prinsip hukum Islam yaitu dalam jual beli dilarang adanya unsur gharar atau penipuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Romdlon Saputra
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Mar 2022 08:42
Last Modified: 14 Mar 2022 08:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18040

Actions (login required)

View Item View Item