PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MEMBANGUN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIMAN PONOROGO

Humaini, Muhammad Najib Azza (2021) PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MEMBANGUN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M NAJIB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Humaini, Muhammad Najib Azza. 2021. Peran Lingkungan Keluarga Dalam Membangun Perilaku Keagamaan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M. Pd.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Perilaku Keagamaan
Keluarga merupakan tempat pendidkan anak untuk yang pertama kalinya, lingkungan ini memiliki andil besar dalam setiap tumbuh kembang anak. Lingkungan ini memiliki peran untuk mengarahkan, memberi teladan dan mengontrol setiap perilaku anak, salah satunya yakni perilaku keagamaan. Perilaku keagamaan sendiri ialah perilaku yang berkaitan dengan aqidah, akhlaq, dan fiqih.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui peran lingkungan keluarga dalam membangun perilaku keagamaan siswa kelas VIII di SMPN 1 Siman Ponorogo; 2) Factor pendukung dan penghambat dalam membangun perilaku keagamaan di SMPN 1 Siman Ponorogo; 3) Perilaku keagamaan siswa kelas VIII di SMPN 1 Siman Ponorogo; 3)
Penelitian ini adalah penelitan kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Dalam pengumpulan datanya, Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. serta tehnik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa (1) Peran lingkungan keluarga dalam membangun perilaku keagamaan anak yakni membimbing, memberi motivasi, memberikan teladan yang baik serta mengawasi setiap perilaku anak. (2) Faktor pendukung dalam perilaku keagamaan antara lain yakni lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan pergaulan. Sedangkan faktor penghambatnya sama halnya dengan faktor pendukungnya, hal tersebut dikarenakan hal-hal tersebut saling memilki keterkaitan jika faktor tersebut dalam kondisi baik maka akan berdampak baik, begitu pula sebaliknya (3) Perilaku keagamaan siswa-siswi kelas VIII SMPN 1 Siman secara keseluruhan sudah baik, hal tersebut terlihat dari keaktifan serta keantusiasan anak dalam mengikuti kegiatan berkaitan dengan keagamaan yang diselenggarakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:01
Last Modified: 15 Feb 2022 04:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18018

Actions (login required)

View Item View Item