Manajemen Komunikasi Dalam Mengembangkan Mutu Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Ponorogo)

Nurdin, Muhammad (2021) Manajemen Komunikasi Dalam Mengembangkan Mutu Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
NURDIN-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurdin, Muhammad. 2021. Manajemen Komunikasi dalam
Mengembangkan Mutu Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK
Negeri 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen Komunikasi, Mutu Lembaga Pendidikan
Manajemen komunikasi merupakan proses penggunaan berbagai sumber
daya komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan unsur-unsur
komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Akan tetapi
sampai saat ini masih banyak lembaga pendidikan yang mengabaikan
pentingnya manajemen komunikasi ini. Sehingga mengakibatkan
kurangnya mutu lembaga pendidikan. Mutu pendidikan merupakan suatu
ukuran penilaian atau penghargaan yang diberikan atau dikenakan
kepada jasa tertentu berdasarkan kinerjanya. Banyak lembaga pendidikan
yang menggebu-gebukan mutu lembaga pendidikan akan tetapi dalam
pelaksanaannya masih belum sesuai dengan mutu yang seharusnya. Hal
tersebut disebabkan oleh faktor diantaranya adalah manajemen
komunikasi antar anggota di lembaga tersebut berjalan kurang baik,
perencanaan yang tidak diimbangi dengan pelaksanaan yang baik dan
evaluasi yang tidak diperbaiki.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan komunikasi
dalam mengembangkan mutu lembaga pendidikan di SMKN 2
Ponorogo, (2) Pelaksanaan komunikasi dalam mengembangkan mutu
lembaga pendidikan di SMKN 2 Ponorogo,
(3) Evaluasi komunikasi dalam mengembangkan mutu lembaga
pendidikan di SMKN 2 Ponorogo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian lapangan dan
menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pendekatan ini, kedudukan
peneliti sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis
data, penafsir dan menjadi pelapor. Sedangkan teknik yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah wawancara tersetruktur, observasi, dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa (1) Perencanaan
komunikasi di SMK Negeri 2 Ponorogo yaitu dengan menyusun
perencanaan dan program kerja sehingga membuat anggota organisasi
merasa terlibat dan merasa memiliki andil dalam perencanaan itu. (2)
Pelaksanaan komunikasi di SMKN 2 Ponorogo selama ini sudah berjalan
dengan baik dan sesuai dengan perencanaan yang ada, meskipun
terkadang masih terdapat kendala. Kendala tersebut bisa berasal dari
antar pribadi dan beberapa persepsi orang berbeda. Hal itu menjadi wajar
karena berhadapan dengan orang yang berbeda. Bentuk komunikasi yang
terjadi di SMKN 2 Ponorogo bukan hanya untuk warga sekolah saja
melainkan juga untuk masyarakat. Sedangkan mekanisme komunikasi
yang digunakan adalah satu jalur dan dua jalur sesuai dengan komunikasi
itu akan disampaikan kepada siapa dan seberapa penting komunikasi
yang akan dilakukan. (3) Evaluasi komunikasi yang dilaksanakan oleh
SMKN 2 Ponorogo dimulai dengan adanya evaluasi program. Evaluasi
program dilakukan untuk kepentingan pengambilan keputusan dalam
rangka menentukan kebijakan selanjutnya. Melalui evaluasi suatu
program dapat dilakukan penilaian secara sistematik, rinci dan sesuai
prosedur yang sudah diuji secara cermat. Tujuan adanya evaluasi adalah
sebagai informasi mengenai tingkat ketercapaian program serta seberapa
terlibatnya semua pihak dalam komunikasi yang dijalankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Feb 2022 08:11
Last Modified: 09 Feb 2022 08:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18016

Actions (login required)

View Item View Item