...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, PERBAIKI PENULISAN ALAMAT LINK PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengembangan Bakat Minat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Karawitan Di SDN Singosaren Jenangan Ponorogo

Novianti, Puspa Ria (2021) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, PERBAIKI PENULISAN ALAMAT LINK PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengembangan Bakat Minat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Karawitan Di SDN Singosaren Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PUSPA 2021 TERBARU.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PUSPA 2021 TERBARU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Novianti, Puspa Ria. 2021. Pengembangan Bakat Minat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Karawitan di SDN Singosaren Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.WirawanFadly, M.Pd.

Kata Kunci :Bakat, Minat, Ekstrakurikuler Karawitan
Bakat adalah kemampuan yang ada didalam setiap diri individu, dimana kemampuan tersebut masih perlu dikembangkan atau dilatih secara berkala. Minat adalah kecenderungan merasa tertarik pada suatu bidang tanpa adanya paksaan. Ekstrakurikuler karawitan adalah kegiatan yang dilaksanakan diluar konteks sekolah mengusung kegiatan seni musik tradisional sebagai alat pengembangan bakat dan menumbuhkan minat siswa tanpa menggangu kegiatan belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini adalah (A)Untuk mengetahui konsep kegaiatan ekstrakurikuler karawitan di SDN Singosaren Jenangan Ponorogo. (B)Untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler karawitan dalam mengembangkan bakat minat siswa di SDN Singosaren Jenangan Ponorogo. (C) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat bakat minat siswa melalui ekstrakurikuler karawitan di SDN Singosaren Jenangan Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, reduksi data, display data dan verifikasi data.
dapun hasilnya adalah : (A) Kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SDN Singosaren Jenangan Ponorogo dilaksanakan bertujuan mengenalkan musik tradisional sebagai bentuk pelestarian musik tradisional melalui kegiatan ektrakurikuler karawitan dengan tahap pengenalan ekstrakurikuler karawitan (pengenalan awal mula dilaksanakannya kegiatan, mengenalkan alat music karawitan dan pelatih membrikan teroi dan materi tentang alat music karawitan), penyeleksian siswa sebagai pemain tetap dan sementara. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler karawitan yang dilaksanakan 1 minggu sekali setiap hari sabtu. (B) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler karawiran dalam mengembangkan bakat minat siswa di SDN Singosaren Jenangan Ponorogo. Kegiatan ekstrakurikuler karawitan dilaksanakan untuk menumbuhkan minat siswa terhadap bidang musik, sehingga bakat yang dimiliki siswa dalam bidang musik dapat berkembang dengan baik dan memunculkan kemampuan siswa dalam bidang musical atau disebut dengan keceradasan musikal atau kekampuan dalam bidang music dan kemampuan siswa dalam memainkan suatu objek atau kcerdasan kinestetik siswa dalam bidang music juga akan berkembang. sehingga penggunaan strategi dalam pelaksanaan pelatihan kegiatan ekstrakurikuler karawitan sangat penting. Agar membantu siswa dalam pelatihan kegiatan ekstrakurikuler yaitu rolling pemain dan menuliskan note menggunakan kapur berwarna dipapan tulis Adanya guru pegawas memberikan arahan ketika siswa mengalami kesulitan memainkan alat musik karawitan , membimbing siswa untuk tetap dalam konsisi hati yang baik dan memotivasi siswa untuk tetap kompak dengan sesama pemain, sehingga muncul kecerdasan kinestetik (penggunaan tubuh) dan kecerdasan intrapersonal). Pemberian fasilitas tambahan juga dilakukan sekolah sebagai cara pelaksanaan pengembangan bakat minat siswa. (C) Kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SDN Singosaren Jenangan Ponorogo dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor penghambat Adapun faktor pendukung adalah kepala sekolah, guru, siswa dan pelatih kegiatan ekstrakurikuler karawitan dan wali murid . Dan faktor penghambatnya adalah siswa dan pelatih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Feb 2022 00:59
Last Modified: 09 Feb 2022 00:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18013

Actions (login required)

View Item View Item