..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Studi Perbandingan Pemikiran Fikih Sosial Sahal Mahfudz Dan Fikih Realitas Yusuf al-Qardhawi Dalam Menjawab Problematika Umat

Abidin, Wahyu (2021) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Studi Perbandingan Pemikiran Fikih Sosial Sahal Mahfudz Dan Fikih Realitas Yusuf al-Qardhawi Dalam Menjawab Problematika Umat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Abidin, Wahyu. 2021.Studi Perbandingan Pemikiran Fikih Sosial Sahal Mahfudz dan Fikih Realitas Yusuf al-Qardhawi Dalam Menjawab Problematika Umat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mughniatul Ilma, M.H.

Kata kunci: fikih sosial, fikih realitas, problematika umat
Fikih merupakan produk pemikiran fuqaha’ dan kumpulan hukum yang bersifat praktis telah ditulis dan didokumentasikan dalam berbagai kitab fikih yang tersusun secara sistematis. Kitab-kitab karangan para ulama itulah yang sampai sekarang di kaji dan dijadikan rujukan untuk menjawab problem-problem yang terjadi di dalam kehidupan umat Islam. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, kitab-kitab fikih karangan ulama klasik tidak lagi cukup untuk menjawab permasalahan umat yang semakin kompleks. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah langkah pembaruan dalam hukum Islam dengan berijtihad, agar setiap permasalahan-permasalahan baru yang muncul di setiap perkembangan zaman dapat dipecahkan, seperti yang dilakukan oleh Kiai Sahal Mahfudz dengan fikih sosialnya dan Yusuf al-Qardhawi dengan fikih realitasnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pemikiran fikih sosial Sahal Mahfudz (2) Menjelaskan pemikiran fikih realitas Yusuf al-Qardhawi (2) Mengetahui persamaan dan perbedaan pemikiran fikih sosial Sahal Mahfudz dan fikih realitas Yusuf al-Qardhawi serta implikasinya dalam menjawab problematika umat.
Jenis penelitian ini adalah library research, yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur kepustakaan, baik berupa buku, catatan, maupun hasil penelitian dari penelitian terdahulu. Dalam menganalisis data, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis), yaitu suatu model yang dipakai untuk meneliti dokumentasi data yang berupa teks, gambar, simbol, dan sebagainya.Sedangkan sifat Penelitian ini adalah deskriptif komparatif, yaitu penelitian yang membandingkan keberadaan suatu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda. Berdasarkan analisis data, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan antara pemikiran Kiai Sahal Mahfudz dan Yusuf al-Qardhawi. (1) Persamaannya yaitu fikih sosial dan fikih realitas merupakan sama-sama fikih kontemporer yang mengkaji kitab-kitab fikih secara kontekstual. (2) Perbedaannya adalah fikih sosial lebih condong kepada menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan, sedangkan fikih realitas Yusuf al-Qardhawi lebih condong kepada untuk menyelesaiakan dan menetapkan sebuah hukum terhadap problematika-problematika fikih kontemporer. Sahal Mahfudz menggunakan metode ijtihad kolektif (ijtiha>d jama>’i), sedangkan Yusuf al-Qardhawi menggunakan ijtihad selektif komparatif (ijtiha>d intiqa>’i), dan ijtihad konstruktif kreatif (ijtiha> d insha>’i).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:00
Last Modified: 03 Feb 2022 01:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18007

Actions (login required)

View Item View Item