KONSEP ZUHUD DALAM KITAB MINHAJUL ‘ABIDIN KARYA IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Wibowo, Andy Cahyo (2021) KONSEP ZUHUD DALAM KITAB MINHAJUL ‘ABIDIN KARYA IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317169_ANDY CAHYO WIBOWO_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wibowo, Andy Cahyo. 2021. Konsep Zuhud dalam Kitab Minhajul ‘Abidin Karya Imam al-Ghazali dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.

Kata Kunci: Zuhud, Kitab Minhajul ‘Abidin, Tujuan Pendidikan Islam
Kitab Minhajul ‘Abidin adalah karya terakhir Imam alGhazali. Penelitian ini berfokus pada konsep zuhud dalam kitab Minhajul ‘Abidin. Hal ini dilatar belakangi oleh pentingnya kajian zuhud pada era globalisasi dan modern saat ini. Karena akhir-akhir ini banyak orang yang terjangkit penyakit cinta dunia. Orang yang mabuk terhadap dunia cenderung akan bermewah-mewahan dan sering melupakan akhirat. Sebab itu banyak orang yang teledor terhadap ibadahnya. Yang mana istiqomah beribadah atau menjadi pribadi yang bertaqwa merupakan tujuan utama pendidikan Islam. Maka, zuhud menjadi solusi untuk menangkal faham cinta dunia. Disamping itu agar mengetahui kaitan atau relevansi zuhud dengan tujuan pendidikan Islam dan selanjutnya dapat mengamalkannya dalam kehidupan. Karena itu, perlu adanya kajian mengenai konsep zuhud dalam kitab Minhajul ‘Abidin karya Imam al-Ghazalidan relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep Zuhud dalam kitab Minhajul ‘Abidin karya Imam al-Ghazali? (2) Bagaimana relevansi konsep Zuhud dalam kitab Minhajul ‘Abidin karya Imam al- Ghazali terhadap Tujuan Pendidikan Islam?
Untuk menjawab pertanyaan di atas penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (Iibrary research). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik literer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Konsep zuhud dalam kitab Minhajul Abidin zuhud adalah keinginan hati untuk tidak mabuk dunia. zuhud terbagi menjadi dua, yaitu zuhud yang mungkin dilakukan (Maqdur) dan zuhud yang tidak mampu dilakukan (Ghoiru Maqdur). Metode agar memudahkan dalam zuhud adalah dengan mengingat bahaya dan aib-aib dunia. Dalam prakteknya zuhud dijelaskan menggunakan perumpamaan orang yang mengetahui makanan dibuat dengan bahan-bahan menjijikan atau racun mematikan dibandingkan orang yang tidak mengetahui. Zuhud memiliki dua keutamaan, yaitu menjadikan hamba beristiqomah dalam ibadahnya dan menjadikan amal ibadah lebih berat dan bernilai. (2) Konsep Zuhud dalam Kitab Minhajul Abidin dan Relevan dengan Tujuan Pendidikan Islam yaitu tentang keutamaan zuhud(a) Zuhud adalah sarana yang memudahkan menggapai Tujuan Pendidikan Islam. (b) Zuhud adalah bagian dari aspek Tujuan rohaniyah (al-ahdaf al-ruhiyyah) (c) Zuhud dijelaskan dengan metode yang sesuai dengan Tujuan pengembangan akal (al-ahdaf al-qliyyah). (d) Salah satu bentuk zuhud maqdur adalah tanda tercapainya tujuan sosial (al-ahdaf al-ijtima'iyyah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:03
Last Modified: 03 Feb 2022 01:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18006

Actions (login required)

View Item View Item