Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Kacang Tanah Dengan Sistem Tebasan di Kedungpanji Lembeyan Magetan

Ma'rifah, Himmatul (2017) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Kacang Tanah Dengan Sistem Tebasan di Kedungpanji Lembeyan Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI KACANG TANAH DENGAN SISTEM TEBASAN DI KEDUNGPANJI LEMBEYAN MAGETAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jual beli merupakan suatu perjanjian tukar menukar benda atau barang yang mempunyai nilai, secara sukarela antara kedua belah pihak, yang satu menyerahkan benda dan pihak lain menerima sesuai perjanjian atau ketentuan yang dibenarkan syara’ dan disepakati. Jual beli tebasan adalah suatu cara penjualan hasil suatu jenis produk pertanian sebelum produk tersebut dipanen, di mana produk tersebut hasilnya sudah siap dipanen. Jual beli tebasan merupakan adat kebiasaan yang sudah berlangsung lama di Desa Kedungpanji. Dalam praktiknya kacang tanah yang akan dijual dengan sistem tebasan ini masih berada di dalam tanah, untuk mengetahui kacang taah yang akan ditebas pembeli (penebas) mengambil beberapa kacang tanah untuk dijadikan sampel. Sampel yang pembeli (penebas) gunakan adalah sampel dengan ukuran paling kecil yang nantinya akan dijadikan patokan dalam jual beli tebasan nantinya.
Berdasarkan fenomena tersebut penulis bermaksud meninjau peristiwa ini dari sudut pandang hukum Islam. Adapun rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli kacang tanah di Kedungpanji Lembeyan Magetan dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap ukuran taksiran dengan sampel terkecil dalam jual beli kacang tanah dengan sistem tebasan di Kedungpanji Lembeyan Magetan.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, sehingga penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dengan metode deduktif dengan pengolahan menggunakan editing, organizing, dan penemuan hasil riset.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Akad jual beli kacang tanah dengan sistem tebasan di Desa Kedungpanji, yaitu menggunakan akad jual beli jiza>f, yaitu cara penjualan hasil suatu jenis produk pertanian sebelum produk tersebut dipanen, dimana produk tersbut hasilnya sudah siap dipanen. Praktek jual bli kacang tanah dengan sistem tebasan tersebut dipandang sah menurut hukum Islam. Ukuran taksiran dengan sampel terkecil dalam jual beli kacang tanah dengan sistem tebasan di Desa Kedungpanji, adalah termasuk ‘urf. Dimana pratik tersebut dianggap adat kebiasaan dalam masyarakat di Kedungpanji Lembeyan Magetan. Demi tercapainya dan terpeliharanya kemaslahatan-kemaslahatan atau kesejahteraan hidup dalam bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifudin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jan 2022 00:56
Last Modified: 25 Jan 2022 00:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18000

Actions (login required)

View Item View Item