ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK PERIODE SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Jawa Timur Tahun 2019-2020)

Hidayatullah, Fakaruzzaman (2021) ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK PERIODE SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Jawa Timur Tahun 2019-2020). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS PERPUS. FAKARUZZAMAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Semakin banyak jumlah bank yang beroperasi berakibat semakin tinggi persaingan yang dihadapi oleh industri perbankan, untuk bisa bertahan dan berkembang bank wajib meningkatkan kinerja bank sehingga tingkat kesehatan bank semakin baik. Ekonomi Jawa Timur merupakan salah satu penopang utama kekuatan ekonomi Indonesia. Akibat adanya pandemi Covid-19 hampir semua sektor ekonomi terdampak, begitu juga dengan sektor perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja dan mengetahui apakah ada perbedaan signifikan kinerja BPRS di Jawa Timur periode sebelum dan selama pandemi covid-19 berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 20/ POJK.03/2019. Penelitian ini menggunakan dua jenis penelitian, yaitu metode penelitian deskriptif kuantitatif dan kuantitatif komparatif. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dari 25 BPRS di Jawa Timur diperoleh 23 BPRS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPRS di Jawa Timur mengalami penurunan kinerja dari sebelum dan selama Pandemi Covid-19. Hal ini ditunjukkan dengan adanya 13 BPRS yang mengalami penurunan peringkat komposit tingkat kesehatan bank. Selain itu dari faktor kualitas aset dan rentabilitas mengalami penurunan, tetapi pada faktor permodalan dan likuiditas masih terjaga. Hasil uji beda terdapat perbedaan signifikan rasio vaeiabel ROA antara sebelum dan selama pandemi Covid-19, tetapi dalam rasio variabel yang lain (CAR, EAQ, NPF, REO dan CR) tidak terdapat perbedaan.
Kata Kunci: Kesehatan Bank, Kinerja Bank, BPRS, CAR, EAQ, NPF, REO, ROA, CR, Pandemi, Covid-19

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jan 2022 05:48
Last Modified: 24 Jan 2022 05:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17993

Actions (login required)

View Item View Item