..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Gaya Belajar Audiovisual Dalam Pembelajaran Tematik di MIN 2 Ponorogo

Kusumaningrum, Novi Diah Ayu (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Gaya Belajar Audiovisual Dalam Pembelajaran Tematik di MIN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Novi Diah Ayu 210617183 SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan lain sebagainya. Belajar itu akan lebih baik jika si subyek belajar itu mengalami atau melakukannya. Sedangkan pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan media audiovisual dalam pembelajaran tematik. Dengan rumusan masalah implementasi media audiovisual, pendukung dan hambatan media audiovisual pada pembelajaran tematik. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : 1) Implementasi media audiovisual dalam pembelajaran tematik di MIN 2 Ponorgo, Pertama, dengan melakukan pendekatan yang intensif kepada semua atau hampir semua siswa untuk mengenal karakteristik dan gaya belajarnya sehingga dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang tepat. Kedua, menggunakan beragam metode pembelajaran yang tepat dan beragam dalam kegiatan belajar mengajar, untuk siswa yang memiliki gaya belajar audiovisual guru menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan presentasi. 2)Pendukung implementasi media audiovisual ada beberapa faktor pendukung, yaitu Pertama, ketersediaan alat atau media pembelajaran, Kedua, motivasi belajar siswa. Ketiga, suasana kelas yang mendukung dan Keempat, kesiapan guru dalam mengajar. 3)Hambatan media audiovisual, faktor yang menghambat antara lain yaitu Pertama, perbedaan individu dalam belajar. Kedua, masalah disekolah maupun diluar sekolah yang mempengaruhi konsentrasi siswa dalam belajar. Ketiga, kesulitan mengadakan evaluasi dan pengaturan waktu dan Keempat, perlu tenaga yang banyak untuk memperhatikan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fuadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:12
Last Modified: 20 Jan 2022 07:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17957

Actions (login required)

View Item View Item