PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII C SMPN 2 PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021

FARHAN, MUHAMMAD (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII C SMPN 2 PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FARHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan proses pembelajaran di SMPN 2 Ponorogo yang kurang menarik bagi peserta didik, sehingga peserta didik merasa tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru hanya menggunakan metode konvensional. Sehingga pembelajaran belum berjalan maksimal dan berdampak pada hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan pembelajaran PBL (Problem Basid Learning) berorientasi HOTS mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIIC SMPN 2 Ponorogo (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII C SMPN 2 PONOROGO tahun ajaran 2020/2021 menggunakan model PBL (Problem Based Learning) berorientasi HOTS (Higher Other Thinking skills).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan 2 kali pertemuan, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 peserta didik kelas VIII C SMPN 2 Ponorogo. Pemilihan lokasi penelitian didasari oleh hasil pengamatan yang peniliti lakukan secara langsung pada saat observasi dilapangan. Tentang penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berorientasi HOTS (Higher Other Thinking skills) diperoleh melalui pengamatan kemampuan C4 (Menganalisis) dengan kategori membedakan, mengorganisasi, mengatribusi dan hasil belajar peserta didik diambil melalui tes pada setiap ahir siklus. Data dianalisis dengan siklus model pembelajaran Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan planning, action, observation, reflection.
Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan C4 (menganalisis) dengan kategori membedakan, mengorganisasi dan mengatribusikan di kelas VIII pada siklus I, Hasilnya pada kategori membedakan sebesar 50%, mengorganisasi sebesar 37% dan mengatribusi sebesar 31% pada hasil belajar siklus I presentase peserta didik yang tuntas sebesar 44%. pada siklus II kategori membedakan menjadi 78%, mengorganisasi menjadi 62% dan mengatribusi menjadi 71% pada hasil belajar siklus II presentase peserta didik yang tuntas sebesar 87%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berorientasi HOTS (Higher Other Thinking skills) dapat meningkatkn hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu di SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:30
Last Modified: 20 Jan 2022 06:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17943

Actions (login required)

View Item View Item