...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN PERBAIKI WATERMARK TERLALU TEBAL, UPLOAD ULANG)Penerapan Model Fan-N-Pick Pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV di MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Yulfrida, Ema Aulia (2021) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN PERBAIKI WATERMARK TERLALU TEBAL, UPLOAD ULANG)Penerapan Model Fan-N-Pick Pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV di MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EMA-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yulfrida, Ema Aulia. 2021.Penerapan Model Fan-N-Pick Pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV di MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd..

Kata Kunci: Fan-N-Pick, Motivasi Belajar, Keterampilan Sosial, IPS.
Rendahnya motivasi belajar dan keterampilan sosial siswa pada pembelajaran tematik yang berisi muatan IPS kelas IV di MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo dikarenakan adanya beberapa faktor. Salah satu faktornya yaitu guru masih menggunakan sistem pembelajaran yang konvensional atau ceramah, pembeljaran ini seperti sitem menyampaikan ilmu tanpa memaksimalkan fungsi kelompok atau diskusi belajar. Hal tersebut membuat siswa sulit untuk mempelajari materi yang diajarkan sehingga hasil belajar siswa masih banyak yang belum memenuhi kriteria keberhasilan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat diupayakan dengan pemilihan berbagai model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan asumsi diatas maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Fan-N-Pick.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Fan-N-Pick di MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. (2) untuk meningkatkan keterampilan sosial pada pelajaran IPS siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajara Fan-N-Pick di MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari subyek penelitian yaitu semua siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa MI Mamba’ul Huda Ngabar.
Hasil dari penelitian pada pembelajaran tematik muatan IPS menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan keterampilan sosial siswa. Terlihat pada motivasi belajar siswa pada siklus I yang semula mendapat predikat cukup, namun pada siklus II ini menunjukkan bahwa ada perubahan antara 10%-20% dalam hasil presentasenya. Dari kategori perhatian 67,36% menjadi 86,80%, kategori keterkaitan 68,06% menjadi 82,63%, kategori kepercayaan diri 68,75% menjadi 84,02%, dan kategori kepuasan70,14 menjadi 81,25%. Begitu juga dengan hasil keterampilan sosial siswa diketahui bahwa jumlah 18 siswa diperoleh hasil dari kategori “sangat baik” bertambah 55,5% yang semula terdapat 5,6% menjadi 61,1%, kategori baik dari 61,1% menjadi 38,9%, kategori kurang baik dari 33,3% menjadi 0%, dan kategori tidak baik pada siklus II tidak ada.
Merujuk pada analisi data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Fan-N-Pick dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan sosial siswa kelas IV di MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Siswa nomor satu memegang kartu pertanyaan yang berbentuk menyerupai kipas, (2) Siswa nomor dua mengambil satu kartu secara acak yang berisikan pertanyaan dan membacakan pertanyaannya, (3) Siswa nomor tiga menjawab pertanyaan yang di bacakan oleh siswa nomor dua, (4) Siswa nomor empat memberikan evaluasi terhadap jawaban serta memberikan apresiasi. Siswa bergantian dalam posisi atau memerankan hal yang sama dengan sebelumnya sampai kartu habis dan searah dengan jarum jam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jan 2022 05:09
Last Modified: 20 Jan 2022 05:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17938

Actions (login required)

View Item View Item