Peran Keteladanan Guru Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo

Cahyono, Budi Eko (2021) Peran Keteladanan Guru Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi BUDI EKO CAHYONO 210316395.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Cahyono, Budi Eko. 2021. Peran Keteladanan Guru Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M. Ag.

Kata Kunci: Keteladanan, Menumbuhkan, Kedisiplinan

Lembaga Madrasah merupakan salah satu tempat yang berperan besar dalam pengoptimalan kemampuan siswa serta sikap kepribadian siswa. Karena dilembaga madrasah terdapat berbagai macam kegiatan yang dapat menunjang dalam menumbuhkan kemampuan kognitif serta menumbuhkan karakter siswa dan tidak terkecuali dengan sikap kedisiplinan siswa didalam mematuhi tata tertib. Dalam menumbuhkan sikap kedisiplinan perlu adanya pembiasaan dalam kegiatan sehari-harinya. Begitu juga di lembaga MTs Darul Huda Mayak Ponorogo masih ditemukan siswa yang belum disiplin dalam menaati peraturan madrasah seperti masih ada yang terlambat masuk kelas, masih belum rapi, tidak mengerjakan PR serta masih ada yang membolos. Sehingga peran dari guru serta prilaku keteladanan guru sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan sikap kedisiplinan siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk keteladanan guru dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. (2) Untuk mengetahui dampak keteladanan guru dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian berada di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik observasi non partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Bentuk-bentuk keteladanan guru dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa yaitu dengan guru memberikan contoh teladan yang baik pada siswa seperti hadir dikelas tepat waktu, berakhlakul karimah yang baik sopan santun dalam berbicara berpakaian yang baik dan rapi serta memberikan bimbingan, pengawasan dan perhatian kepada siswa baik dalam hal belajar maupun dalam hal mematuhi tata tertib madrasah. (2) Dampak keteladanan guru dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa memberikan kontribusi terhadap kedisiplinan siswa ditujukan dengan para siswa semakin baik dalam disiplin mematuhi tata tertib madrasah seperti mengikuti kegiatan upacara mingguan, tahlil, shalat duha dan mengikuti aturan kedisiplinan dalam belajar seperti hadir dikelas tepat waktu, mulai baik dan rapi dari segi berpakaian dan lebih bertanggung jawab dengan tugas-tugas yang guru berikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ERWIN YUDI PRAHARA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:04
Last Modified: 20 Jan 2022 03:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17930

Actions (login required)

View Item View Item