NILAI-NILAI KETAATAN KEPADA GURU DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM RELEVANSINYA DENGAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK

MUZAYYANAH, UMI (2021) NILAI-NILAI KETAATAN KEPADA GURU DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM RELEVANSINYA DENGAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617173_UMI MUZAYYANAH_SKRIPSI_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Umi Muzayyanah. 2021. Nilai-Nilai Ketaatan kepada Guru Dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Relevansinya dengan Pembentukan Kepribadian Peserta Didik.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA.

Kata Kunci: Nilai Ketaatan kepada guru, peserta didik.

Indonesia sedang mengalami krisis karakter dimana masyarakat Indonesia kehilangan peradaban ketimuran. Nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia mengalami kelunturan pada diri anak-anak. Oleh sebab itu, diperlukan tindakan untuk mengembalikan jati diri manusia. Salah satunya ialah penananman nilai-nilai ketaatan kepada guru melalui pendidikan karakter khas pesantren yang ada pada kitab Adabul
‘Alim Wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari. Proses penanaman pendidikan karakter di sekolah umum ataupun pesantren tidak hanya dapat dilakukan melalui pelajaran, buku, dan media lainnya tetapi dapat pula melalui mempelajari kitab dapar menjadi referensi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai ketaatan kepada
guru dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari relevansinya dengan pembentukan kepribadian peserta didik. Dengan demikian, dapat membentuk kepribadian peserta didik bagi siswa tingkat Sekolah Dasar, terdapat nilai kepribadian religius, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, mengahargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, perduli social, dan mandiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai ketaatan kepada guru yang terkandung dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari, yaitu menyakini adanya Allah SWT dan selalu menaati ajarannya, mengembangkan etos
kerja dan belajar, mengembangkan cinta kasih sayang, kesetiakaanan, memiliki kebersamaan dan gotong royong serta berpikir positif. Terdapat relevansi antara nilai- nilai ketaatan kepada guru yang terkandung dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari relevansinya dengan pembentukan kepribadian peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ialah Library research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kajian kepustakaan pedekatan kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data literer. Data yang sudah terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis. Nilai-nilai ketaatan kepada guru menyakini adanya Allah SWT dan selalu mentaati ajarannya relevan dengan nilai karakter religious. Nilai ketaatan mengembangkan etos kerja dan belajar relevan dengan nilai karakter kerja keras, kreatif, gemar membaca, dan rasa ingin tahu. Nilai ketaatan mengembangkan cinta dan kasih sayang relevan dengan nilai karakter menghargai prestasi dan perduli social. Nilai ketaatan kesetiakaanan relevan dengan nilai karakter bersahabat, menghargai prestasi, dan perduli social. Nilai ketaatan memiliki kebersamaan dan gotong royong relevan dengan nilai karakter perduli social. Nilai ketaatan berpikir positif relevan dengan nilai karakter mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:34
Last Modified: 20 Jan 2022 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17910

Actions (login required)

View Item View Item