..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA PADA PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER DI MAN 2 KOTA MADIUN

Mukhlisin, Ilham (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA PADA PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER DI MAN 2 KOTA MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317440_ILHAM MUKHLISIN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mukhlisin, Ilham, 2021, Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Akidah Akhlak Siswa pada Program Sistem Kredit Semester di Madrasah Aliyah Negeri 2 kota Madiun, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusam Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, Motivasi Belajar, dan Sistem Kredit Semester
Strategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus baik metode ataupun pemanfaatan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan pembalajaran. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai motivator harus dapat menyelenggarakan progam pendidikan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan, guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran yang bisa menggugah semangat siswa untuk belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan agar bisa meningkatkan motivasi siswa, maka diperlukan strategi yang lebih baik agar dapat memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai kompetensi tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa pada program sistem kredit semester di MAN 2 Kota Madiun (2) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik di MAN 2 Kota Madiun.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil dari penelitian dapat di simpulkan sebagai berikut : (1) Keberhasilan guru dalam menerapkan strategi dalam pembelajarn sudah cukup efektif. Adapun strategi yang di gunakan guru di antaranya; metode kooperatif moidel jigsaw, metode ceramah, metode pembelajaran dering, metode pembelajaran luring, dan metode penugasan. Hal ini terlihat dari siswa yang awalnya kurang semangat dalam mengikuti pelajaran dan menyelesaikan tugas, sekarang sudah semakin membaik, giat belajar dan banyak membaca. Siswa yang biasanya hanya datang-duduk-pulang, saat sekarang sudah berani bertanya dan mengemukakan pendapatnya dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tidak hanya berbentuk nilai-nilai angka seperti di raport, namun lebih dari itu, motivasi juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat dan memang hal inilah yang sangat diharapkan oleh MAN 2 Kota Madiun untuk menjadi manusia-manusia yang berakhlakul karimah. (2) Adapun guru dalam menerapkan strategi pembelajaran maka tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat yang muncul dari setiap individu, karena setiap individu memiliki latar belakang yang berbeda-beda yang tumbuh dari dalam diri maupun dari luar diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:26
Last Modified: 19 Jan 2022 07:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17904

Actions (login required)

View Item View Item