PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SELAMA DARING DI BIMBEL JENIUS PONOROGO

Rakasiwi, Amalina (2021) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SELAMA DARING DI BIMBEL JENIUS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617150_Amalina Rakasiwi_PGMI2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Rakasiwi, Amalina. 2021. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Start With A Question Untuk Meningkatan Motivasi Belajar Selama Daring di Bimbel Jenius Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M. Fathurahman, M.Pd.I.
Kata Kunci: Model Learning Start With A Question, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika, PTK.
Belajar adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan untuk hasil pengalamannya dan interaksi dengan lingkungannya. Dengan begitu peningkatan motivasi belajar siswa menjadi lebih baik. Motivasi belajar akan timbul apabila siswa sendiri turut menentukan kegiatan belajarnya dengan pengalaman yang dimiliki sebagai suatu pendorong yang mengubah energi dalam diri seseorang ke dalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu.
Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan yang tentunya sangat berdampak pada bidang apapun termasuk pendidikan. Dampak yang didapatkan dalam bidang pendidikan yaitu pembelajaran tidak boleh dilakukan di sekolah melainkan di rumah (daring). Alhasil, ketika kembali belajar di sekolah, kemungkinan mengalami kesulitan dalam memahami materi. Kebanyakan orang tua akan mengambil bimbingan belajar di luar dari pembelajaran dari sekolah. Bimbel jenius Ponorogo menggunakan model pembelajaran yang baru dan bervariasi, salah satunya yaitu model pembelajaran LSQ (Learning Start With a Question)
LSQ (Learning Start With a Question) yaitu suatu model pembelajaran aktif dalam bertanya. Peserta didik diminta untuk mempelajari materi yang akan dipelajarinya, yaitu dengan membaca terlebih dahulu. Dengan membaca maka peserta didik memiliki gambaran tentang materi yang akan dipelajari, sehingga apabila dalam membaca atau membahas materi tersebut terjadi kesalahan konsep akan terlihat dan dapat dibahas serta dibenarkan secara bersama-sama.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran learning star with a question dapat meningkatkan keaktifan belajar, hasil belajar dan motivasi siswa untuk belajar. Hal ini ditunjukkan mulai dari pra tindakan ketuntasan 40% dengan rerata 7,2 , siklus I menjadi 100%(masih ada kesalahan) dengan rerata 9,2, dan siklus II 100%(tanpa kesalahan) dengan rerata 100.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:27
Last Modified: 19 Jan 2022 07:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17902

Actions (login required)

View Item View Item