(KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA. UPLOAD SESUAI URUTAN KAIDAH) Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu (Studi Kasus Kelas VIII D) di MTsN 3 PONOROGO

Mufidah, Lu'lu'ul (2022) (KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA. UPLOAD SESUAI URUTAN KAIDAH) Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu (Studi Kasus Kelas VIII D) di MTsN 3 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417055_LU'LU'UL MUFIDAH_Skripsi Dummy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ruang lingkup IPS yang luas serta materi yang banyak oleh hafalan dapat membuat siswa enggan belajar dan menganggap pelajaran IPS membosankan serta sulit dipahami. Kemampuan guru menciptakan dan menerapkan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif sangat peting untuk menumbuhkan minat siswa terhadap pelajaran IPS sehingga siswa memiliki persepsi positif serta menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran yang nantinya akan menjadikan keberhasilan dalam tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka seperti halnya penelitian kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis induksi dan jenis penelitiaannya adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik indept interview, observasi dan juga dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman dengan menggunakan langkah-langkah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kendala yang dialami siswa pada saat pembelajaran IPS Terpadu adalah pemahaman materi dan juga metode pembelajaran yang kadang membosankan sehingga siswa menjadi malas dalam pembelajaran. (2) metode pembelajaran yang dikembangkan oleh guru yaitu ceramah plus dan juga diskusi. Dengan memanfaatkan media pembelajaran yang disediakan sekolah. (3) persepsi siswa terhadap pembelajaran IPS Terpadu cukup positif meskipun ada beberapa siswa yang tidak menyukai mata pelajaran IPS Terpadu karena banyak materi yang dianggapnya hafalan.
Kata Kunci: Persepsi, Siswa, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:34
Last Modified: 19 Jan 2022 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17890

Actions (login required)

View Item View Item