Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas XI Jurusan Agama Di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020-2021

Maulida, Zayin Qusna (2021) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas XI Jurusan Agama Di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Zayin Qusna Maulida 210317278 PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Maulida, Zayin Qusna. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas XI Jurusan Agama di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020-2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah,M.Pd.I.

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Lingkungan keluarga bisa dikatakan sebagai lingkungan pertama dalam tumbuh berkembangnya anak terutama dalam proses Pendidikan. Motivasi belajar dan prestasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga yang baik maka akan memunculkan motivasi yang tinggi bagi anak tersebut apalagi didukung dengan dukungan orang tua, maka akan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai oleh setiap individu dari kegiatan yang telah dilakukan dan diciptakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, dan kalimat yang dapat mencerminkan hasil pencapaiannya terutama dalam proses belajar mengajar. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal misalnya, motivasi belajar siswa, kecerdasan siswa dan lain sebagainya. Sedangkan faktor eksternal misalnya, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lain sebagainya. Lingkungan keluarga mempengaruhi motivasi belajar siswa dan prestasi belajar mereka. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo yang motivasi belajar dan prestasi belajar anak-anak kelas XI dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga yang baik menciptakan motivasi belajar tinggi sehingga prestasi yang didapatkan juga baik begitu sebaliknya.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui adakah pengaruh secara signifikan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Agama di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020-2021; 2) untuk mengetahui adakah pengaruh secara siginifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Agama di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 20202021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ex post facto. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuisoner) dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik probability sampling sejumlah 96 sampel. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran daring siswa kelas XI MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan persentase sebesar 14,9%; 2) ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar dalam pembelajaran daring siswa kelas XI MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan persentase sebesar 13,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:29
Last Modified: 19 Jan 2022 03:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17889

Actions (login required)

View Item View Item