..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM SERIAL ANIMASI NUSSA DAN RARA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Ilmiyah, Ziyadatul (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM SERIAL ANIMASI NUSSA DAN RARA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 210616053 ZIYADATUL ILMIYAH.docx

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Serial Animasi Kartun Nussa dan Rara, Pembelajaran Akidah Akhlak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat, sehingga sudah banyak media-media yang digunakan untuk penanaman karakter religius pada peserta didik. Media dapat berupa audio visual seperti film, video, televisi, radio dan internet. salah satu tayangan yang dapat digunakan untuk penanaman karakter religius berupa serial animasi, namun tidak semua serial animasi mengandung nilai-nilai pendidikan Islam. Berbeda dengan serial animasi Nussa dan Rara, film ini selain menyajikan aksi lucu juga dipadukan dengan padatnya nilai-nilai Islam disetiap episodenya tidak membuat bosan bagi para penontonnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam serial animasi Nussa dan Rara yang kemudian direlevansikan dengan pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer, yaitu video dari film animasi Nussa dan Rarra season 1, dan sumber data sekunder, yaitu buku, jurnal, dan segala macam data yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi atau content analysis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Nilai pendidikan karakter religius dalam serial kartun Nussa dan Rara meliputi lima aspek, yaitu aspek iman, aspek islam, aspek ihsan, aspek ilmu dan aspek amal. Aspek iman terdiri dari iman kepada Allah, iman kepada Rasul Allah, dan iman kepada Qadha dan Qadar. Aspek islam terdiri dari ibadah sholat dan ibadah puasa. 2) Relevansi nila-nilai pendidikan karakter dalam serial Nussa dan Rara dengan pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah meliputi aspek akidah (keimanan), aspek akhlak, dan aspek kisah tauladan. Aspek akidah (keimanan) meliputi meyakini enam rukun iman, kalimat tayyibah sebagai pembiasaan, dan iman kepada Allah dengan pembuktian sederhana melalui kalimat tayyibah dan asmaul husna. Sedangkan aspek akhlak terdiri dari membiasakan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela, serta membiasakan adab. Tetapi untuk aspek kisah tauladan tidak ada pada serial animasi Nussa dan Rara season 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:11
Last Modified: 19 Jan 2022 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17883

Actions (login required)

View Item View Item