...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PENERAPAN TEILEREN METHOD UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS III (Studi Kasus Di Mi Tholabiyah Ngetrep Madiun)

Ubaidillah, Lutfi Ahmad Ubaidilah (2022) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PENERAPAN TEILEREN METHOD UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS III (Studi Kasus Di Mi Tholabiyah Ngetrep Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BARU LUTFI AHMAD NEW A4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar pendidik lebih suka menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang kreatif dalam menjawab pertanyaan dan lemah dalam penguasaan materi. maka perlu adanya perbaikan proses pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi dan aktivitas belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan ketrampilan siswa. Dalam penerapan model pembelajaran Teileren Method (Metode Bagian) pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar fiqih, khususnya pada sub pokok bahasan shalat sunah rawatib. Maka dari itu, peneliti tertarik meneliti tentang penerapan metode teilren mhethod dengan judul “Penerapan Teileren Method untuk Meningkatkan Ketrampilan Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas lll (Studi Kasus di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun)”.Dalam penelitian ini memfokuskan pembelajaran fiqih materi solat sunah rawatib karena pada materi ini siswa dirasa kurang dalam pemahaman materi dan banyak siswa kurang paham terkait tata cara solat yang baik dan benar. Materi ini dianggap sulit oleh siswa sehingga membutuhkan inovasi metode pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi.
Penelitian ini dilakukan bertujuan: Untuk mengetahui penerpan Teileren Method (Metode Bagian) dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran Fiqih di MI Tholabiyah Ngetrep Madiun, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan Teileren Method (metode bagian) di MI Tholabiyah Ngetrep Madiun.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dalam bentuk uraian, dan pengambilan kesimpulan berdasarkan data yang telah disajikan. Dari hasil penelitian, langkah pembelajaran teileren method meliputi persiapan, inti, dan penutup. Penerapan metode ini juga meningkatkan keaktifan siswa yang dibuktikan dengan kemampuan siswa dalam pembuatan video praktek solat sunah rawatib
Hasil penelitian menunjukkan: 1, Menggunakan metode teileren mhetod dalam pembelajaran bisa lebih memahami materi yang dipelajari karena bisa mengaitkan materi yang dibuat praktek membuat video dengan kegiatan atau contoh yang ditemui ataupun realita sehari- hari, dan materi yang diberikan juga mudah dipahami, dan siswa menjadi terbiasa dengan solat sunah rawatib. Dengan penggunaan metode teileren method (metode bagian) guru dapat melibatkan siswa praktek secara daring/online siswa menjadi mudah dalam menangkap materi, menghafalkan gerakan dan bacaan solat sunah rawatib. 2, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan fakta dilapangan mengenai faktor penghambat yaitu guru tidak bisa mengontrol penuh proses pembelajaran siswa selama melaksanakan pembelajaran daring sehingga perlu bantuan orang tua dalam mengawasi dan mengontrol pembelajaran siswa selama proses pembelajaran daring, masih perlunya adaptasi dari guru dan siswa dalam menerapkan metode pembelajaran teileren mhetod (metode bagian). Faktor pendukunya yaitu semua orang tua siswa memfasilitasi HP sebagai media pembelajarannya, adanya antusias dari siswa dan wali murid dalam mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:09
Last Modified: 19 Jan 2022 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17877

Actions (login required)

View Item View Item