PENINGKATAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN SISWA MELALUI METODE REWARD AND PUNISHMENT PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI KELAS VIII SMPN 2 JENANGAN PONOROGO

Saroh, Shela Agistina Nur Fitria (2021) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN SISWA MELALUI METODE REWARD AND PUNISHMENT PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI KELAS VIII SMPN 2 JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317239_SHELA AGISTINA NUR FITRIA SAROH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al-Qur'an merupakan kalam Allah SWT yang sangat mulia yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dengan jalan muttawatir yang disusun dari al-Fatihah sampai an-nass dan membacanya bernilai ibadah. Al-Qur'an sangat penting dipelajari dan juga diajarkan kepada leserta didik agar tujuan pendidikan Islam dapat tercapai. Namun yang terjadi pada saat ini adalah kurangnya pendidikan Al-Qur'an yang diterima oleh peserta didik khususnya di sekolah umum. Selain itu minat peserta didik yang kurang dalam belajar membaca Al-Qur'an. Hal tersrbut karena kurangnya pemahaman tentang pentingnya belajar membaca Al-Qur'an. Penggunaan metode pembelajaran merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan minat siswa dalam belajar membaca Al-Qur'an. Metode Reward and Punishment merupakan salah satu metode pembelajaran yang fapat digunakan pendidik dalam memberi penguatan positif terhadap peserta didik.
Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, fan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan, ditemukan bahwa: 1) penerapan metode Reward and Punishment harus dilakukan dalam beberapa tahap untuk meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur'an, 2) metode Reward and Punishment mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan minat siswa dalam belajar membaca Al-Qur'an, 3) problematika dalam penerapan metode Reward and Punishment dapat dilihat dari beberapa aspek, diantaranya minat siswa dalam belajar, komunikasi antara guru dan pengajar, dan perhatian dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:40
Last Modified: 19 Jan 2022 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17874

Actions (login required)

View Item View Item