...(GUNAKAN TTD ASLI/SCAN FULL LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Studi Komparasi Konsep Pendidikan Perspektif K.H. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire, serta Relevansinya dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Habibah, Risky Amalia (2021) ...(GUNAKAN TTD ASLI/SCAN FULL LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Studi Komparasi Konsep Pendidikan Perspektif K.H. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire, serta Relevansinya dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi e-thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Habibah, Risky Amalia. 2021. Studi Komparasi Konsep Pendidikan Perspektif K.H. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire, serta Relevansinya dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.

Kata Kunci: Pendidikan, K.H. Ahmad Dahlan, Paulo Freire, Berpikir Kritis

Penelitian ini membahas tentang konsep pendidikan perspektif K.H. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi Indonesia saat ini yang dirundung berbagai problematika di berbagai lini kehidupan, sementara pendidikan yang semestinya membawa dampak bagi perbaikan bangsa, tetapi realitanya pendidikan belum mampu menjadi kekuatan yang menentukan perubahan bagi individu, maupun masyarakat, tak terkecuali pendidikan pada tataran SD/MI. Pendidikan mengalami misstmach antara apa yang diperoleh siswa dengan realitas kehidupan. Ilmu-ilmu yang dipelajari di kelas hanya berkutat pada teori yang bertengger di kepala, tetapi sulit untuk dipraktikkan secara konkret sehingga kurang bermakna dan berdampak bagi kehidupan siswa maupun masyarakat. Penelitian ini menganalisis pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire tentang pendidikan, serta relevansinya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Adapun tujuan dalam penelitian ini meliputi: 1) Mengetahui konsep pendidikan perspektif K.H. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire. 2) Mengetahui relevansi pemikiran K. H. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire tentang pendidikan dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa. 3) Mengetahui persamaan dan perbedaan pemikiran K. H. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumenter, yaitu penggalian bahan-bahan pustaka yang koheren dengan obyek pembahasan yang dimaksud. Adapun analisis data yang dipakai adalah analisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa: 1) konsep pendidikan perspektif K.H. Ahmad Dahlan adalah pendidikan sebagai sarana untuk memajukan kehidupan manusia, baik secara individu maupun sosial dengan berlandaskan nilai-nilai Islam yang secara kontinyu berusaha aktif melakukan perbaikan bagi kehidupan sedangkan konsep pendidikan perspektif Paulo Freire adalah pendidikan sebagai instrumen pembebasan dari praktik penindasan. 2) Secara garis besar, relevansi pemikiran pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa adalah siswa mampu mengoptimalisasi fungsi akalnya sebagai modal berpikir untuk mencari kebenaran, memahami dan mengamalkan ajaran agama (Islam) sedangkan relevansi pemikiran pendidikan Paulo Freire dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa adalah siswa mampu mengoptimalisasi fungsi akalnya sebagai modal dalam berpikir untuk memahami realitas kehidupan, dan melibatkan diri dalam permasalahan beserta solusinya. 3) Persamaan konsep pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire adalah terletak pada hal-hal tertentu dalam aspek tujuan, kurikulum, posisi guru dan siswa, dan metode pendidikan yang mana antara tokoh yang satu dengan tokoh yang lain memiliki kesamaan. Adapun perbedaannya terletak pada hal-hal tertentu dari masing-masing aspek tersebut yang terkandung di satu aspek pemikiran tokoh yang satu, tetapi tidak terkandung di aspek pemikiran tokoh yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:38
Last Modified: 19 Jan 2022 01:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17873

Actions (login required)

View Item View Item