Motivasi Belajar Siswa atas Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SDN 01 Sekaran Siman Ponorogo

Emiliawati, Emi (2021) Motivasi Belajar Siswa atas Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SDN 01 Sekaran Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617119_Emi Emiliawati_SKRIPSI A4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Emiliawati, Emi. 2021. Motivasi Belajar Siswa atas Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SDN 01 Sekaran Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Lukman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Metode Cooperative Script.

Penulisan skripsi ini berdasarkan latar belakang adanya sejumlah faktor penyebab rendahnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Jawa. Antara lain penggunaan media dan metode pembelajaran yang konvensional sehingga tidak dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Sebagaimana yang selama ini dilakukan pada pembelajaran bahasa Jawa dikelas IV SDN 01 Sekaran Siman Ponorogo. Pembelajaran bahasa Jawa membutuhkan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Cooperative Script yang di mana siswa dapat bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan.
Penelitian bertujuan untuk (1) menjelaskan bagaimana proses pengguanaan metode pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas IV SDN 01 Sekaran Siman Ponorogo (2) untuk mendeskripsikan dampak penggunaan metode pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas IV SDN 01 Sekaran Siman Ponorogo (3) untuk mendeskripsikan problematika penggunaan metode pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas IV SDN 01 Sekaran Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode pembelajaran Cooperative Script mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa. Siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam pembelajaran bahasa Jawa. (2) Dampak dalam penerapan metode pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa yakni siswa lebih mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, bersemanagat dalam mengerjakan tugas, mengumpulkan tugas tepat waktunya dan dapat membantu teman-teman yang belum mengerti materi dalam pembelajaran bahasa Jawa. (3) Problematika dalam penerapan metode pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa yakni meski banyak siswa aktif dalam pembelajaran akan tetapi masih ada juga siswa yang pasif dan masih saja menggantungkan temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:18
Last Modified: 19 Jan 2022 01:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17851

Actions (login required)

View Item View Item