Pengaruh Sarana Perpustakaan Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs AL-Imam Sawoo

Herkusuma, Maksum Rifai (2021) Pengaruh Sarana Perpustakaan Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs AL-Imam Sawoo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211417056_Maksum Rifa'i Herkusuma_Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Herkusuma, Maksum Rifai. 2021.pengaruh sarana perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajarsiswa mata pelajaran ips terpadu kelas VIII di MTs AL-Imam Sawoo Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Sarana perpustakaan, Minat Baca, Hasil Belajar IPS Terpadu,

Hasil belajar Hasil belajar suatu proses dari bagian belajar mengajar. DI sekolahan MTs Al-Imam Sawoo Ponorogo masih ditemui rendahnya hasil belajar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sarana perpustakaan dan minat baca siswa yang rendah. Sarana perpustkaan yang belum lengkap (buku materi tentang ilmu pengetahuan sosial) serta kesadaran siswa dalam minat membaca masih kurang sehingga hasil belajar sisswa belum maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat pengaruh sarana perpustakaan terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa kelas VIII MTs AL-Imam sawoo Ponorogo tahun ajaran 2020-2021, (2) Mengetahui tingkat pengaruh minat baca terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa kelas VIII MTs AL-Imam sawoo Ponorogo tahun ajaran 2020-2021, (3) Mengetahui tingkat pengaruh sarana perpustakaan dan minat baca secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa kelas VIII MTs AL-Imam sawoo Ponorogo tahun ajaran 2020-2021.
Penelitian ini dirancang dengan metode kuantitatif korelation dan verifikatif menggunakan analisis regresi linear berganda, alisisis koefisien determinasi, uji T dan uji F. Penelitian dilaksanakan di MTs AL-Imam sawoo Ponorogo. Ada 34 siswa kelas VIII A-B yang dijadikan populasi dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket untuk mengumpulkan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Sarana Perpustakaan (X1), disimpulkan bahwa variabel pengaruh Sarana perpustakaan (X1) berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar (Y) IPS Terpadu siswa kelas VIII MTs AL-Imam Sawoo Tahun Ajaran 2020-2021 sebesar 45,8%, (2) Minat baca (X2), bahwa variabel Pengaruh Minat Baca(X2) berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar (Y) IPS Terpadu siswa kelas VIII MTs AL-Imam Sawoo Tahun Ajaran 2020-2021 sebesar 60,8% (3 Sarana Perpustakaan (X1) dan Minat Baca (X2), dapat disimpulkan bahwa Sarana Perpustakaan (X1), dan Minat Baca (X2), secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar (Y) mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII MTs AL-Imam Sawoo Tahun Ajaran 2020-2021 sebesar 72,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:19
Last Modified: 19 Jan 2022 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17847

Actions (login required)

View Item View Item