..(PERBAIKI LEMBAR BERTANDA TANGAN SCAN SATU LEMBAR FULL)...IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK BAB PEMBIASAAN AKHLAK TERPUJI KELAS VIII DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DI MTs SULAMUL HUDA PONOROGO

Safitri, Alfina Riska (2021) ..(PERBAIKI LEMBAR BERTANDA TANGAN SCAN SATU LEMBAR FULL)...IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK BAB PEMBIASAAN AKHLAK TERPUJI KELAS VIII DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DI MTs SULAMUL HUDA PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
alfina riska s.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Safitri, Alfina Riska. 2021. Implementasi Strategi Pembelajaran Bermain Peran (Role Play) Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terpuji Kelas Viii Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Di Mts Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Arif Rahman Hakim,M.Pd
Kata Kunci: Role Play, Keaktifan Belajar, Aqidah Akhlak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo. hal ini disebabkan karena selama pada proses kegiatan pembelajaran berlangsung terdapat siswa yang tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi pembelajaran, kurangnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran terhadap materi dikarenakan strategi mengajar guru yang monoton sehingga pada saat proses pembelajaran terjadi 80% siswa belum sepenuhnya berepartisipasi aktif didalam kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga peneliti melakukan tindakan penelitian kelas (PTK) di kelas tersebut dengan menerapkan strategi pembelajaran role play.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran bermain peran (role play), mata pelajaran aqidah akhlak bab pembiasaan akhlak terpuji kelas VIII untuk menunjang keaktifan belajar di MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitianya adalah siswa kelas VIII MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo yang berjumlah 16 siswa.
Dari analisis data ditemukan: hasil keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I kategori siswa sangat aktif 2 orang. Selanjutnya meningkat pada siklus II menjadi 8 siswa sangat aktif dan meningkat lebih signifikan menjadi 13 siswa sangat aktif pada siklus III. Dengan demikian pembelajar aqidah akhlak role play mampu meningkatkan keaktifan belajar adalah sebagai berikut: a)membagi kelompok belajar siswa b)membagi peran siswa c)penerapan dan diskusi strategi role play.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:18
Last Modified: 19 Jan 2022 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17842

Actions (login required)

View Item View Item