UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP JUJUR SISWA MELALUI KEGIATAN CHALLENGE BULAN KEJUJURAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU QURROTA A’YUN PONOROGO

Anisa, Fitria (2021) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP JUJUR SISWA MELALUI KEGIATAN CHALLENGE BULAN KEJUJURAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU QURROTA A’YUN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617175-FITRIAANISA-PGMI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anisa, Fitria. 2021. Upaya Guru dalam Menumbuhkan Sikap Jujur Siswa Melalui Kegiatan Challenge Bulan Kejujuran di Sekolah Dasar Islam Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Athok Fu’adi, M.Pd.

Kata Kunci: Upaya Guru, Menumbuhkan Sikap Jujur, Challenge Kejujuran

Menyadari akan pentingnya pendidikan karakter dan moral terhadap siswa, Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A’yun (SDIT) yang terletak di Ponorogo menerapkan cara yang unik dalam mendisiplinkan moralitas para siswanya. Kegiatan Challenge bulan kejujuran merupakan program dari kesiswaan, bukan bagian dari kurikulum sebenarnya. Bagi para siswa yang telah melakukan challenge dan ia berhasil dan melakukan suatu tantangan, maka dari pihak sekolah akan memberikan penghargaan atau reward.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan pelaksanaan challenge bulan kejujuran dalam menumbuhkan sikap jujur siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo, (2) Menjelaskan apa saja faktor pendukung dan penghambat challenge bulan kejujuran dalam menumbuhkan sikap jujur siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data ini diambil dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus, yaitu bagian dari metode kualitatif yang hendak mendalami suatu kasus tertentu secara lebih mendalam dengan melibatkan pengumpulan beraneka informasi. Dalam menguji keabsahan data, yang peneliti lakukan pada penelitian ini adalah menguji kredibilitas dengan melakukan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam menumbuhkan sikap jujur siswa melalui kegiatan challenge bulan kejujuran ini adalah (1) Pelaksanaan kegiatan chalenge bulan kejujuran berhasil dilaksanakan oleh siswa-siswi SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Apabila siswa berhasil melakukan suatu tantangan maka pihak sekolah akan memberikan penghargaan atau reward berupa sertifikat dan piala, (2) Faktor pendukung pada kegiatan challenge bulan kejujuran tersebut adalah keaktifan dari wali murid untuk mendisiplinkan kejujuran siswa. Perihal faktor pengambat pada kesuksesan kegiatan challenge bulan kejujuran ialah orang tua atau dari wali murid itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu’adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:03
Last Modified: 18 Jan 2022 05:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17826

Actions (login required)

View Item View Item