..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS di SMK NEGERI 2 PONOROGO)

NURDIN, MUHAMMAD (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS di SMK NEGERI 2 PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
EDIT A5 pinishh.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurdin, Muhammad. 2021. Manajemen Komunikasi dalam
Mengembangkan Mutu Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK
Negeri 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen Komunikasi, Mutu Lembaga Pendidikan
Manajemen komunikasi merupakan proses penggunaan berbagai
sumber daya komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan unsur-unsur
komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Akan tetapi
sampai saat ini masih banyak lembaga pendidikan yang mengabaikan
pentingnya manajemen komunikasi ini. Sehingga mengakibatkan
kurangnya mutu lembaga pendidikan. Mutu pendidikan merupakan
suatu ukuran penilaian atau penghargaan yang diberikan atau dikenakan
kepada jasa tertentu berdasarkan kinerjanya. Banyak lembaga
pendidikan yang menggebu-gebukan mutu lembaga pendidikan akan
tetapi dalam pelaksanaannya masih belum sesuai dengan mutu yang
seharusnya. Hal tersebut disebabkan oleh faktor diantaranya adalah
manajemen komunikasi antar anggota di lembaga tersebut berjalan
kurang baik, perencanaan yang tidak diimbangi dengan pelaksanaan
yang baik dan evaluasi yang tidak diperbaiki.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan komunikasi
dalam mengembangkan mutu lembaga pendidikan di SMKN 2
Ponorogo, (2) Pelaksanaan komunikasi dalam mengembangkan mutu
lembaga pendidikan di SMKN 2 Ponorogo,
(3) Evaluasi komunikasi dalam mengembangkan mutu lembaga
pendidikan di SMKN 2 Ponorogo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian lapangan dan
menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pendekatan ini, kedudukan
peneliti sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis
data, penafsir dan menjadi pelapor. Sedangkan teknik yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah wawancara tersetruktur, observasi, dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa (1) Perencanaan
komunikasi di SMK Negeri 2 Ponorogo yaitu dengan menyusun
perencanaan dan program kerja sehingga membuat anggota organisasi
merasa terlibat dan merasa memiliki andil dalam perencanaan itu. (2)
Pelaksanaan komunikasi di SMKN 2 Ponorogo selama ini sudah
berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan yang ada,
meskipun terkadang masih terdapat kendala. Kendala tersebut bisa
berasal dari antar pribadi dan beberapa persepsi orang berbeda. Hal itu
menjadi wajar karena berhadapan dengan orang yang berbeda. Bentuk
komunikasi yang terjadi di SMKN 2 Ponorogo bukan hanya untuk
warga sekolah saja melainkan juga untuk masyarakat. Sedangkan
mekanisme komunikasi yang digunakan adalah satu jalur dan dua jalur
sesuai dengan komunikasi itu akan disampaikan kepada siapa dan
seberapa penting komunikasi yang akan dilakukan. (3) Evaluasi
komunikasi yang dilaksanakan oleh SMKN 2 Ponorogo dimulai dengan
adanya evaluasi program. Evaluasi program dilakukan untuk
kepentingan pengambilan keputusan dalam rangka menentukan
kebijakan selanjutnya. Melalui evaluasi suatu program dapat dilakukan
penilaian secara sistematik, rinci dan sesuai prosedur yang sudah diuji
secara cermat. Tujuan adanya evaluasi adalah sebagai informasi
mengenai tingkat ketercapaian program serta seberapa terlibatnya
semua pihak dalam komunikasi yang dijalankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUKHIBAT
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:00
Last Modified: 18 Jan 2022 05:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17818

Actions (login required)

View Item View Item