...(LENGKAPI TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Peran Tokoh Agama Dalam Mendorong Partisipasi Aktif Masyarakat Dalam Kegiatan Simaan Al-Qur'an di Desa Kranggan sukorejo Ponorogo

Khoiriyah, Lailatul (2021) ...(LENGKAPI TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Peran Tokoh Agama Dalam Mendorong Partisipasi Aktif Masyarakat Dalam Kegiatan Simaan Al-Qur'an di Desa Kranggan sukorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317251.LAILATUL KHOIRIYAH.SKRIPSI PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khoiriyah, Lailatul. 2021. Peran Tokoh Agama Dalam Mendorong Partisipasi Aktif Masyarakat Dalam Kegiatan Simaan Al-Qur’an di Desa Kranggan Sukorejo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nur Kolis, Ph.D.

Kata kunci: Tokoh Agama, Partisipasi Masyarakat, Simaan Al-Qur’an
Tokoh agama adalah salah satu komponen penting dalam suatu kegiatan terutama dalam mendorong partisipasi aktif masyarakat terhadap suatu kegiatan tersebut. Dalam hal ini adanya peran dari tokoh agama adalah sangat diperlukan. Tokoh agama merupakan orang yang memiliki kedudukan dan peran yang sangat penting dalam masyarakat, sehingga dengan perannya tersebut dapat dengan mudah untuk mendorong partisipasi masyarakat. Tokoh agama di Desa Kranggan juga melakukan berbagai upaya untuk mendorong partisipasi masyarakat, khususnya dalam kegiatan simaan Al-Qur’an. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana peran tokoh agama dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan simaan Al-Qur’an di Desa Kranggan Sukorejo Ponorogo.
Fokus permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana peran tokoh agama dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam suatu kegiatan khususnya kegiatan simaan Al-Qur’an di Desa Kranggan Sukorejo Ponorogo, serta bagaimana upaya yang dilakukan oleh tokoh agama untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan simaan Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan simaan Al-Qur’an di Desa Kranggan Sukorejo Ponorogo dan faktor apa saja yang mempengaruhi partisipasi masyarakat serta upaya apa yang dilakukan oleh tokoh agama dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan simaan Al-Qur’an tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan perpanjangan pengamatan dan menggunakan bahan referensi yang berupa hasil wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan analisis data yang telah ditemukan menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan simaan Al-Qur’an di Desa Kranggan Sukorejo Ponorogo ini dilakukan setiap satu bulan sekali pada hari kamis kliwon. 2) Faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat yaitu adanya peran tokoh agama yang berusaha melestarikan kegiatan ini, kemudian ada juga faktor pekerjaan seseorang. 3) Upaya yang dilakukan oleh tokoh agama dalam mendorong partisipasi masyarakat adalah selalu menghimbau masyarakat agar mau mengikuti kegiatan keagamaan, memberikan motivasi dan arahan mengenai manfaat dan pentingnya kegiatan keagamaan, serta memberikan contoh kepada masyarakat dengan selalu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, khususnya kegiatan simaan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:07
Last Modified: 18 Jan 2022 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17814

Actions (login required)

View Item View Item