..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penggunaan Metode Role Playing Untuk Penanaman Nilai Karakter Peduli Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo

Diarini, Nonie (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penggunaan Metode Role Playing Untuk Penanaman Nilai Karakter Peduli Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617054_Nonie Risma Diarini_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Diarini, Nonie Risma. 2021. Penggunaan Metode Role Playing untuk Penanaman Nilai Karakter Peduli Sosial dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madraah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Syafiq Humanisasi, MPd.
Kata Kunci : Penggunaan Metode role playing , Nilai, Karakter Peduli Sosial
Sebagian besar pendidik dalam proses pembelajaran lebih suka menggunakan metode ceramah sehingga dalam penanaman nilai karakter peduli sosial pada siswa masih sangat kurang dan lemah untuk memahaminya. Dalam penelitian ini memfokuskan penanaman nilai karakter peduli sosisal dalam pembelajaran PKN karena dalam pembelajaran PKN siswa diarasa kurang dalam pemahaman dan implementasi nilai karakter peduli sosial yang masih kurang. Pembelajaran PKN dianggap sulit dan membingungkan oleh siswa, sehingga membutuhkan inovasi metode pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi.
Tujuan peneliti ini adalah : Untuk mendeskripsikan bentuk penggunaan metode role playing untuk penanaman nilai karakter peduli sosial siswa kelas V di MIN 7 Ponorogo, Untuk mendeskripsikan dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode role playing untuk penanaman nilai karakter peduli sosial dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas V di MIN 7 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dalam bentuk uraian, dan pengambilan kesimpulan berdasarkan data yang disajikan. Dari hasil penelitian, langkah pembelajaran metode role playing meliputi persiapan, inti, evaluasi,dan penutup. Penggunaan metode ini juga mampu menanamkan nilai karakter peduli sosial.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penggunaan metode role playing untuk penanaman nilai karakter peduli sosial adalah penentuan materi, penentuan peran, pengamat, kemudian menyusun perencanaan dilanjutkan prkatek dan evaluasi. Penggunaan metode ini dapat memunculkan nilai karakter peduli sosial pada siswa yakni penuh kasih sayang, rasa hormat, disiplin, empati, tanggungjawab, kebersamaan, suka memberi maaf, persahabtan, mengucapkan tolong, maaf, dan terimakasih dalam segala hal,dan suka membantu (2) Faktor penghambat yakni waktu yang begitu singkat dimana dalam proses penanaman nilai karakter peduli sosial tidak hanya satu atau dua kali saja tetapi perlu ada pemahaman yang mendalam tentang penanaman karakter peduli sosial tersebut. Individual dan latar belakang siswa. Faktor pendukung nya yakni adanya kolaborasi antara guru dimana dalam proses pembelajarannya juga menggunakan metode role playing sehingga siswa mudah menerima dan memahaminya, selain itu antusias dan semangat dari siswa yang memudahkan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran. Karena adanya penerimaan dan rasa ingin tahu siswa yang sangatlah tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:26
Last Modified: 18 Jan 2022 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17813

Actions (login required)

View Item View Item