..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI RUWAT MANTEN PADA PERNIKAHAN ADAT JAWA DI DESA MOROSARI SUKOREJO PONOROGO

Ulfa, Lia Khoiriatul (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI RUWAT MANTEN PADA PERNIKAHAN ADAT JAWA DI DESA MOROSARI SUKOREJO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317072_LIA KHOIRIATUL ULFA_Skripsi Dummy (Watermark).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ulfa, Lia Khoiriatul. 2021.Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Ruwat Manten pada Pernikahan Adat Jawa di Desa Morosari Sukorejo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M. Ag.

Kata Kunci:Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Ruwat Manten
Pernikahan merupakan sunnatullah yang umum dan berlaku pada semua makhluk-Nya. Dalam upacara pernikahan yang dilakukan masyarakat, terdapat tradisi-tradisi yang menyertainya. Contohnya yaitu tradisi ruwat manten. Tradisi bubak manten adalah upacara tradisi yang dilakukan ketika orang tua menikahkan anak pertama dan anak terakhirnya. Di dalam praktiknya, pelaksanaan tradisi ruwat manten ini dilengkapi dengan penggunaan peralatan (uborampe) yang memiliki makna-makna filosofisnya. Dalam pelaksanaan dimasyarakat, terdapat dinamika-dinamika yang semakin memperkaya khazanah tradisi.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan tradisi ruwat manten pada pernikahan adat Jawa di Desa Morosari Sukorejo Ponorogo (2) memaparkan nilai pendidikan Islam dalam tradisi ruwat manten pada pernikahan adat Jawa di Desa Morosari Sukorejo Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Milles dan Huberman yang tahapannya sebagai berikut : reduksi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan (1) Pelaksanaan tradisi ruwat manten di Desa Morosari Sukorejo Ponorogo ini diawali dengan sesepuh desa menjabarkan terlebih dahulu isi dari ruwatan manten dan menerangkan secara singkat satu persatu benda yang ada di depan yang mempunyai hajat, kemudian sesepuh desa memberi doa-doa agar makna dalam ruwat manten itu dapat dihayati dan diresapi oleh kedua pengantin dan kedua orang tuanya. (2) Dalam nilai-nilai pendidikan Islam terdapat 3 nilai pendidikan yakni: I’tiqodiyah, Amaliyah, dan Khuluqiyah. Sebagai seorang muslim haruslah memiliki akhlak yang baik. Tidak memandang itu ras, suku, agama, atau pun budaya. Selain itu juga melalui ruwatan ini diharapkan masyarakat saling berbagi bersodaqoh dengan sesama..

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:57
Last Modified: 18 Jan 2022 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17803

Actions (login required)

View Item View Item