PERAN GURU DALAM MENGGUNAKAN STRATEGI REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS 2 SDN 2 SOMOROTO

Fijanah, Intan Alya Fijanah (2021) PERAN GURU DALAM MENGGUNAKAN STRATEGI REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS 2 SDN 2 SOMOROTO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617063 INTAN ALYA FIJANAH SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fijanah, Intan Alya. 2021. Peran Guru Dalam Menggunakan Strategi Reward dan Punishment untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas 2 SDN Somoroto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Guru, Strategi, Reward dan Punishment, Kedisiplinan.
Kedisiplinan belajar adalah salah satu cara untuk membantu siswa agar dapat mengembangkan pengendalian diri selama proses belajar mengajar. Sekolah termasuk dalam kategori yang memiliki kedisiplinan yang tinggi. Kedisiplinan belajar itu sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar mereka. Kedisiplinan belajar bisa diartikan suatu sikap yang taat dan patuh terhadap suatu peraturan yang berlaku. Tanpa adanya peraturan maka tidak akan tercapai suatu kedisiplinan, berdasrkan pengamatan dengan guru wali kelas 2 SDN 2 Somoroto mayoritas siswa sudah mentaati peraturan yang ada di sekolah. Namun ada beberapa permasalahan yang kerap terjadi dalam tingkatan pembelajaran misalnya terlambat masuk kelas, tidak rapi dalam berpakaian, bercanda dengan teman saat pembelajaran dimulai.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan kondisi kedisiplinan siswa SDN 2 Somoroto Kec. Kauman Kab. Ponorogo (2) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas 2 melalui penerapan strategi reward dan punishment di SDN 2 Somoroto Kec. Kauman Kab. Ponorogo (3) Untuk mendeskripsikan implementasi penerapan stratregi reward dan punishment bagi siswa kelas 2 SDN 2 Somoroto Kec. Kauman Kab. Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggukan konsep Miles dan Huberman dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adapun kondisi kedisiplinan siswa kelas 2 SDN 2 Somoroto masih belum maksimal. Hal demikian karena masih terdapat siswa yang kurang memenuhi indikator kedisiplinan yaitu: (a) Mentaati tata tertib (b) Ketepatan dalam mengumpulkan tugas (c) Kesopanan dalam berbicara. (2) Peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas 2 melalui penerapan strategi reward dan punishment di SDN 2 Somoroto Kec. Kauman Kab. Ponorogo adalah: (a) peran guru sebagai suritauladan (b) Peran guru sebagai motivator (c) Peran guru sebagai evaluator. (3) Hasil penerapan strategi reward dan punishment bagi siswa kelas 2 SDN 2 Somoroto Kec. Kauman Kab. Ponorogo yaitu berhasil dengan efektifitas penerapan reward dan punishment kepada siswa tentu menunjukkan respon baik terhadap hal tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:11
Last Modified: 18 Jan 2022 04:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17802

Actions (login required)

View Item View Item