Penggunaan Strategi True Or False Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Pada Pembelajaran Bahasa Arab di kelas 5 MI Ma'arif Patihan Kidul Siman Ponorogo

Tsaniaturrahmah, Sarah (2022) Penggunaan Strategi True Or False Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Pada Pembelajaran Bahasa Arab di kelas 5 MI Ma'arif Patihan Kidul Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617107_SARAH TSANIATURRAHMAH_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi True Or False merupakan strategi yang yang sangat penting karena mampu mengajak siswa untuk terlibat dalam materi pelajaran dengan cepat. Guru menggunakan strategi True Or False untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada pembelajaran bahasa Arab di kelas 5 MI Ma’arif Patihan Kidul Siman Ponorogo. Dalam penelitian ini memfokuskan pada pembelajaran bahasa Arab siswa dirasa kurang dalam penguasaan mufradat pada pelajaran bahasa Arab. Pelajaran bahasa Arab diaggap sulit oleh siswa sehingga membutuhkan inovasi strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.
Penelitian ini dilakukan yang pertama bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan strategi True Or False pada pembelajaran bahasa Arab kelas 5 MI Ma’arif Patihan Kidul Siman Ponorogo, kedua untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan strategi True Or False untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada pembelajaran bahasa Arab kelas 5 MI Ma’arif Patihan Kidul Siman Ponorogo dan yang ketiga untuk mengetahui dampak dalam penggunaan strategi True Or False untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada pembelajaran bahasa Arab kelas 5 MI Ma’arif Patihan Kidul Siman Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan berdasarkan data yang telah disajikan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan strategi True Or False untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada pembelajaran bahasa Arab kelas 5 di MI Ma’arif Patihan Kidul Siman Ponorogo adalah guru meyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran dan pada strategi True Or False melibatkan siswa untuk mengerjakan lembar pernyataan benar atau salah dalam memingkatkan penguaasan mufrodat. Faktor penghambat siswa pasif saat pembelajaran bahasa Arab, siswa merasa malas saat pembelajaran, dan siswa kesulitan belajar bahasa Arab. Faktor pendukung adanya lembar pernyataan benar atau salah, pembelajaran diadakan secara tatap muka, dan guru mendampingi saat pembelajaran berlangsung. Kemudian dampak strategi True Or False siswa mampu mengingat mufrodat dengan mengerjakan lembar pernyataan benar atau salah, siswa mudah mengerjakan soal bahasa Arab, siswa lebih semangat menghafal mufrodat, dan siswa mampu memahami materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:49
Last Modified: 18 Jan 2022 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17800

Actions (login required)

View Item View Item