Upaya Meningkatkan Akhlak Santri melalui Pembiasaan Membaca Kitab Syair Ngudi Susilo di Pondok Pesantren Nurul Hikam Keniten Ponorogo

Sobirin, Ahmad Muhajir (2021) Upaya Meningkatkan Akhlak Santri melalui Pembiasaan Membaca Kitab Syair Ngudi Susilo di Pondok Pesantren Nurul Hikam Keniten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317188 Ahmad Muhajir Sobirin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sobirin, Ahmad Muhajir. 2021. Upaya Meningkatkan Akhlak Santri melalui Pembiasaan Membaca Kitab Sya’ir Ngudi Susilo di Pondok Pesantren Nurul Hikam Keniten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.

Kata Kunci: Akhlak, Pembiasaan, Membaca, Kitab Sya’ir Ngudi Susilo

Akhlak mulia merupakan tujuan utama yang ingin dicapai umat manusia salah satunya melalui pendidikan. Begitu besarnya pengaruh akhlak dalam diri terhadap kelangsungan hidup umat manusia tidak hanya menjadi perhatian khusus oleh agama akan tetapi oleh bangsa dan Negara. Dari berbagai ayat dan hadits Nabi sampai pada Undang-Undang juga mengatur tentang akhlak yang semestinya dimiliki oleh manusia. Namun saat ini semakin banyak oknum yang semakin terkikis pengetahuan dan kesadarannya dalam menjalankan akhlak mulia, hal ini akan semakin parah apabila tidak dilakukan berbagai upaya untuk menanggulanginya. Kekhawatiran juga dirasakan oleh segenap pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hikam terhadap para santrinya. Sehingga mereka membuat kebijakan untuk meningkatkan kualitas akhlak santrinya, salah satunya dengan pembiasaan membaca kitab sya’ir Ngudi Susilo Karya K.H. Bisri Musthofa. Kegiatan ini sebagai penunjang kemampuan para santri selain adanya kegiatan formal yang ada di Pondok. Pemilihan Pondok Pesantren Nurul Hikam dalam pelaksanaan penelitian karena memiliki program baru yang menarik dalam media maupun metodenya sehingga terasa penting bagi peneliti untuk melakukan penelitian di lokasi tersebut.
Penelitian bertujuan untuk (1) mengungkap alasan pembiasaan membaca kitab sya’ir Ngudi Susilo setiap malam Ahad dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Hikam Keniten Ponorogo, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan membaca kitab sya’ir Ngudi Susilo di Pondok Pesantren Nurul Hikam Keniten Ponorogo, (3) memaparkan dampak pembiasaan membaca kitab sya’ir Ngudi Susilo terhadap kualitas akhlak santri Pondok Pesantren Nurul Hikam Keniten Ponorogo.
Untuk menjawab penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik menganalisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan referensi.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan kesimpulan; (1) Pemilihan kitab sya’ir Ngudi Susilo untuk dijadikan sebagai objek pembiasaan membaca bagi santri di Pondok Pesantren Nurul Hikam Keniten Ponorogo, disebabkan karena kitab tersebut berisi tentang nilai-nilai akhlak yang mudah dipahami oleh para santri, (2) pelaksanaan pembiasaan membaca kitab sya’ir Ngudi Susilo di Pondok Pesantren Nurul Hikam dilaksanakan setiap malam Ahad setelah sholat isya’. Adapun faktor yang mendukung pelaksanaan pembasaan membaca kitab sya’ir Ngudi Susilo antara lain: adanya tata tertib pondok yang jelas, kebijakan baru dari pengasuh langsung, serta dilakukan secara serempak. Sedangkan faktor yang menghambat acara, diantaranya: kurangnya kesadaran sebagian santri terhadap peraturan di pondok, adanya kegiatan mendadak yang melibatkan seluruh santri, serta tempat kegiatan yang berubah. (3) dampak adanya program pembiasaan membaca kitab sya’ir Ngudi Susilo yaitu santri bisa meningkatkan kualitas akhlaknya terhadap Allah, diri sendiri, orang tua, pendidik, bangsa dan Negara, dan lingkungan. Beberapa contoh diantaranya : santri terbiasa bersikap baik dan meninggalkan sikap buruk, lebih disiplin saat ngaji maupun jemaah, menjadi tanggap ketika ada tamu yang datang, bisa disiplin mengatur waktu, memiliki sikap hormat dan santun terhadap siapapun, peduli lingkungan, dan semangat dalam menuntut ilmu untuk menjadi generasi penerus bangsa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:44
Last Modified: 18 Jan 2022 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17799

Actions (login required)

View Item View Item