...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Persepsi Kompetensi Pedagogik Ustadz dan Kedewasaan Santri Terhadap Prestasi Belajar Kitab Fathul Qorib di pondok pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Nafi'ah, Milatun (2021) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Persepsi Kompetensi Pedagogik Ustadz dan Kedewasaan Santri Terhadap Prestasi Belajar Kitab Fathul Qorib di pondok pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Milatun Nafi'ah_210317370.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan gambaran nyata atas keberhasilan proses belajar mengajar yang berlangsung disekolah atau lembaga pendidikan. Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang concern prestasi Belajar. Namun pada kenyataannya di PP Darussalam masih ada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa seperti kedewasaan santri itu sendiri, karena sifat dewasa bisa memotivasi diri untuk meningkatkan kualitas hidup, yang berarti mampu mengembangkan diri baik secara formal maupun nonformal, dan guru adalah salah satu faktor eksternal sebagai penunjang pencapaian prestasi belajar yang optimal termasuk kompetensi guru, salah satu kompetensi yang dominan adalah kompetensi pedagogik. Selain itu kompetensi pedagogik dan kedewasaan juga mempunyai pengaruh dalam pretasi belajarnya, karena jika kompetensi guru dan kedewasaan siswa tinggi maka prestasi belajar siswa juga akan tinggi hasilnya.
Adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui persepsi kompetensi pedagogik Ustadz Fathul Qorib di PP Darussalam Bangunsari Tahun Pelajaran 2020/2021; untuk mengetahui kedewasaan santri terhadap pristasi belajar kitab Fathul Qorib di PP Darussalam Bangunsari Tahun Pelajaran 2020/2021; untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi kompetensi pedagogik Ustadz dan kedewasaan santri terhadap prestasi belajar kitab Fathul Qorib di PP Darussalam Bangunsari Tahun Pelajaran 2020/2021. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif expost facto. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan tektik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), observasi dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Persepsi kompetensi pedagogik berpengaruh secara signifikansi terhadap prestasi belajar kitab Fathul Qorib di PP Darussalam. Berdasarkaan hasil dapat diperoleh nilai R Square sebesar 24,6%; 2) Kedewasaan santri berpengaruh secara signifikansi terhadap prestasi belajar kitab Fathul Qorib di PP Darussalam. Berdasarkaan hasil dapat diperoleh nilai R Square sebesar 36%; 3) Persepsi kompetensi pedagogik dan kedewasaan santri secara bersama-sama berpengaruh secara signifikansi terhadap prestasi belajar kitab Fathul Qorib di PP Darussalam dengan sebesar 63,4% dengan nilai signifikansi 0,000 dan α sebesar 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:49
Last Modified: 18 Jan 2022 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17792

Actions (login required)

View Item View Item