PENDIDIKAN AKHLAK KEPADA ALLAH BAGI SANTRI MADRASAH DINIYAH AL-MUBAROK DI DUSUN SEMAMBU DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

Aryono, Alfin Risqi (2021) PENDIDIKAN AKHLAK KEPADA ALLAH BAGI SANTRI MADRASAH DINIYAH AL-MUBAROK DI DUSUN SEMAMBU DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317057_ALFIN RISQI ARYONO_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aryono, Alfin Risqi. 2021. Pendidikan Akhlak Kepada Allah Bagi Santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Di Dusun Semambu Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ahmadi, M.Ag.
Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak kepada Allah, Santri, Madrasah Diniyah
Pendidikan akhlak kepada Allah bagi santri madrasah diniyah merupakan hal yang sangat penting keberadaannya. Pendidikan akhlak kepada Allah ini di jadikan sebagai salah satu cara untuk mendidik akhlak santri, meningkatkan kualitas aqidah dan ibadah muamalah. Pendidikan akhlak saat ini sangat di butuhkan oleh anak-anak untuk mengapai kesempurnaan akhlak sehingga menuntunnya menggapai kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Khususnya seperti yang di lakukan oleh Madrasah Diniyah Al-Mubarok di Dusun Semambu ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pendidikan akhlak kepada Allah bagi santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok. (2) Hambatan dan tantangan pendidikan akhlak kepada Allah bagi santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok.
Untuk menjawab pertayaan di atas, penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif, sedangkan dalam pengumpulan data, penelitimenggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknikanalisis kualitatif Miles, Huberman, dan Saldana, yang meliputi kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pendidikan akhlak kepada Allah bagi santri Madrasah Diniyah bertujuan untuk meningkatkan kualitas aqidah Illahi dan ibadah muamalah. Materi yang dipilih guru yakni menggunakan kitab ‘aqidatul ‘awami. Guru menggunakan strategi yang menekankan metode internalisasi akhlak kepada Allah melalui kegiatan ibadah. Pengalaman belajar yang didapatkan santri yang dihasilkan dari proses pendidikan akhlak kepada Allah adalah tauhid Illahi melalui proses pembentukan pola kepribadian dan penyesuaian nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Guru menggunakan media berupa papan tulis, kitab ‘aqidatul ‘awami, film animasi atau vidio animasi yang berkaitan dengan akhlak, dan bermain peran. Madrasah Diniyah Al-Mubarok menggunakan berbagai evaluasi dalam pelaksanaan pendidikan akhlak kepada Allah yakni dari segi kondisi lingkungan madrasah baik santri maupun pendidiknya, evaluasi kondisi awal sampai dengan perkembangan santri, evaluasi proses pelaksanaan serta hasil yang didapatkan dari pelaksanaan pendidikan akhlak. (2) hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pendidikan akhlak meliputi santri yang hiperaktif dan membuat kegaduhan di kelas, tingkat pemahaman santri yang berbeda-beda, kurangnya minat belajar santri, serta durasi jam pembelajaran akhlak yang kurang.tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengatasi hambatan pendidikan akhlak kepada Allah yakni dengan melakukan upaya peningkatan pengelolaan kelas dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:32
Last Modified: 18 Jan 2022 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17785

Actions (login required)

View Item View Item