..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Sarana Perpustakaan Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Di MTS AL-IMAM SAWOO KELAS VIII TAHUN AJARAN 2020-2021

Herkusuma, Maksum Rifai (2022) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Sarana Perpustakaan Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Di MTS AL-IMAM SAWOO KELAS VIII TAHUN AJARAN 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211417056_Maksum Rifa'i Herkusuma_Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Herkusuma, Maksum Rifai. 2021.pengaruh sarana perpustakaan dan minat baca terhadap
hasil belajarsiswa mata pelajaran ips terpadu kelas VIII di MTs AL-Imam
Sawoo Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi
Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Sarana perpustakaan, Minat Baca, Hasil Belajar IPS Terpadu,
Hasil belajar Hasil belajar suatu proses dari bagian belajar mengajar. DI sekolahan MTs Al-
Imam Sawoo Ponorogo masih ditemui rendahnya hasil belajar. Hal ini disebabkan oleh beberapa
faktor, seperti sarana perpustakaan dan minat baca siswa yang rendah. Sarana perpustkaan yang
belum lengkap (buku materi tentang ilmu pengetahuan sosial) serta kesadaran siswa dalam minat
membaca masih kurang sehingga hasil belajar sisswa belum maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat pengaruh sarana perpustakaan
terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa kelas VIII MTs AL-Imam sawoo Ponorogo tahun
ajaran 2020-2021, (2) Mengetahui tingkat pengaruh minat baca terhadap Hasil Belajar IPS
Terpadu Siswa kelas VIII MTs AL-Imam sawoo Ponorogo tahun ajaran 2020-2021, (3)
Mengetahui tingkat pengaruh sarana perpustakaan dan minat baca secara bersama-sama terhadap
Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa kelas VIII MTs AL-Imam sawoo Ponorogo tahun ajaran 2020-
2021.
Penelitian ini dirancang dengan metode kuantitatif korelation dan verifikatif menggunakan
analisis regresi linear berganda, alisisis koefisien determinasi, uji T dan uji F. Penelitian
dilaksanakan di MTs AL-Imam sawoo Ponorogo. Ada 34 siswa kelas VIII A-B yang dijadikan
populasi dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket untuk
mengumpulkan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Sarana Perpustakaan (X1), disimpulkan
bahwa variabel pengaruh Sarana perpustakaan (X1) berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar
(Y) IPS Terpadu siswa kelas VIII MTs AL-Imam Sawoo Tahun Ajaran 2020-2021 sebesar
45,8%, (2) Minat baca (X2), bahwa variabel Pengaruh Minat Baca(X2) berpengaruh positif
terhadap Hasil Belajar (Y) IPS Terpadu siswa kelas VIII MTs AL-Imam Sawoo Tahun Ajaran
2020-2021 sebesar 60,8% (3 Sarana Perpustakaan (X1) dan Minat Baca (X2), dapat disimpulkan
bahwa Sarana Perpustakaan (X1), dan Minat Baca (X2), secara bersama-sama (simultan)
berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar (Y) mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII MTs
AL-Imam Sawoo Tahun Ajaran 2020-2021 sebesar 72,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:26
Last Modified: 18 Jan 2022 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17781

Actions (login required)

View Item View Item