..(SILAKAN BACA PANDUAN UPLOAD SKRIPSI/TESIS DI WEBSITE PERPUSTAKAAN DAN UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Potret Pemahaman Siswa Atas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Kelas 5 Di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun

Yanti, Ayu Kristi (2021) ..(SILAKAN BACA PANDUAN UPLOAD SKRIPSI/TESIS DI WEBSITE PERPUSTAKAAN DAN UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Potret Pemahaman Siswa Atas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Kelas 5 Di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AYU KRISTI 210617131PGMI.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Yanti, Ayu Kristi. 2021. Potret Pemahaman Siswa Atas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Kelas 5 di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun Tahun 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Weni Tria Anugrah Putri, M, Pd.

Kata Kunci : Aplikasi Google Classroom, Pemahaman Siswa, Teknologi dan Media Pembelajaran
Penulisan skripsi ini berdasaekan latar belakang potret pemahaman siswa atas penggunaan aplikasi google classroom kelas 5 di MI Plus Al-Islam Dagangan. Guru dan orang tua harus lebih memperhatikan belajar siswa di rumah. Selalu menasehati, memberi arahan, memberi motivasi, dan semangat dalam belajar. Agar pembelajaran melalui aplikasi google classroom berjalan sesuai keinginan guru dan orang tua.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pembelajaran dalam media google classroom di MI Plus Al-Islam Dagangan, (2) mendeskeipsikan respon siswa terhadap pembelajaran google classroom di MI Plus Al-Islam Dagangan, (3) mendeskripsikan pemahaman siwa terhadap aplikasi google classroom kelas 5 di MI Plus Al-Islam Dagangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) prosedur pembelajaran dalam aplikasi google classroom kelas 5 di MI Plus Al-Islam Dagangan yaitu pembukaan pembelajaran dengan absensi, pelaksanaan pembelajaran guru mengupload materi dalam bentuk video dan power point, evaluasi pembelajaran setiap anak berbeda-beda hasilnya, (2) respon siswa terhadap pemahaman pengoperasian aplikasi google classroom kelas 5 di MI Plus Al-Islam Dagangan yaitu, respon siswa dalam pemahaman selama pembelajaran sangatlah berbeda-beda setiap siswa. Maka dari itu, gurulah yang selalu memberikan motivasi, memperhatikan, dan membimbing siswa dengan baik dan sabar agar siswa juga bisa mengikuti pembelajaran daring dengan maksimal sesuai yang diharapkan sekolah dan orang tua tentunya. (3) pemahaman siswa dari segi ranah kognitif sebaiknya guru melakukan dengan cara siswa lebih rajin berpikir kritis dalam belajar, maka ke depannya siswa akan terbiasa untuk berpikir logis. Pemahaman siswa dari segi ranah afektif atau sikap, agar guru mengetahui bagaimana perkembangan sikap siswa belajar di rumah, guru membuat forum diskusi berupa pertanyaan dan menjawab soal. Siswa dapat melakukan melalui google classroom. Pemahaman siswa dari segi ranah psikomotorik atau keterampilan, guru memberikan tugas berupa membuat keterampilan sesuai materi. Nantinya guru bisa menilai keterampilan melalui proses siswa dalam membuat seuatu keterampilan sekreatif mungkin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:38
Last Modified: 17 Jan 2022 07:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17775

Actions (login required)

View Item View Item