Efektivitas Penggunaan Strategi Everyone Is A Teacher Here Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Ma'arif Patihan Kidul

Susilawati, Binti (2021) Efektivitas Penggunaan Strategi Everyone Is A Teacher Here Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Ma'arif Patihan Kidul. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BINTI SUSILAWATI 210617230.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Susilawati, Binti. 2021. Efektivitas Penggunaan Strategi Everyone Is A Teacher Here Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Ma’arif Patihan Kidul. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Everyone Is A Teacher Here
Keaktifan belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun keaktifan siswa yang terjadi di MI Ma’arif Patihan Kidul belum terlihat seperti, rendahnya dalam mengajukan pertanyaan dan mengerjakan soal-soal latihan, mengemukakan pendapat, mencatat materi penting, melakukan tanya jawab, dan keberanian siswa untuk aktif mengerjakan soal di depan kelas masih belum tampak. Salah satu untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan strategi everyone is a teacher here, karena strategi ini memberikan peserta didik terlibat aktif, memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk bertindak sebagai pengajar terhadap peserta didik lain, melatih peserta didik memiliki kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan, menanggapi, dan saling bertukar pikiran.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui keaktifan belajar siswa kelas V dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here pada mata pelajaran IPA. 2) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa kelas V dengan menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPA. 3) Untuk mengetahui signifikan keaktifan belajar siswa kelas V dengan strategi everyone is a teacher here dan metode ceramah pada mata pelajaran IPA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis quasi experimental design dengan desain non-equivalent control group design. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji independent sample t test dan analisis uji N-Gain.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa, jumlah rata-rata posttest kelas eksperimen sebanyak 76, 23 dan jumlah rata-rata posttest kelas kontrol 58, 5. Keaktifan posttest pada kelas eksperimen sebesar 90% dan keaktifan posttest pada kelas kontrol sebesar 50%. Kesimpulannya terdapat perbedaan nilai rata-rata keaktifan pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi everyone is teacher here dengan metode ceramah. Sedangkan hasil penghitungan uji N-Gain terdapat peningkatan keaktifan siswa dari nilai rata-rata pretest 58, 5 dan rata-rata posttest 76, 23 sehingga nilai N-gain diperoleh sebesar 0,431 dalam kategori sedang, maka, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan strategi everyone is teacher here dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:29
Last Modified: 17 Jan 2022 07:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17772

Actions (login required)

View Item View Item