Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Online Di SDN 2 Tonatan Ponorogo

Puspitasari, Ryan (2021) Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Online Di SDN 2 Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617057_RYAN PUSPITASARI_LAPORAN SKRIPSI PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Puspitasari, Ryan. 2021. Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Online di SDN 2 Tonatan Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing,
Kata Kunci: Keterampilan Variasi Mengajar, Pembelajaran Online
Guru merupakan pendidik dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, melatih, mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Peran guru sangatlah penting dalam membantu peserta didik dalam belajar. Seiring dengan perkembangan zaman pembelajaran dilakukan dengan melalui online pada anak Sekolah Dasar. Pada pembelajaran online guru sangat berpengaruh dalam memberikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya. Pembelajaran online ini mempunyai kendala tidak bisa bertatap muka secara langsung anatara guru dengan peserta didiknya, sehingga guru dituntut untuk memberikan pembelajaran dengan menggunakan beberapa keterampilan yang bisa digunakan ketika pembelajaran online berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang variasi gaya mengajar guru pada pembelajaran online kelas II di SDN 2 Tonatan Ponorogo (2) mendeskripsikan variasi media dan materi pembelajaran online yang dilakukan oleh guru kelas II di SDN 2 Tonatan Ponorogo (3) mendeskripsikan variasi pola interaksi guru pada kegiatan pembelajaran online kelas II di SDN 2 Tonatan Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk mendapatkan data yang mendalam peneliti menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi, Adapun analisis datanya peneliti menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara keseluruhan guru sudah menggunakan variasi keterampilan gaya mengajar dengan baik pada pembelajaran online. pada kegiatan memberikan variasi suara guru sudah menggunakan suara yang jelas dan bisa di pahami siswa, pada variasi pemusatan perhatian guru menggunakan variasi menarik perhatian dengan ice breaking, pada variasi pemberian waktu guru sudah menerapkan pemberian waktu tanpa adanya suatu kegiatan yang membuat siswa merasa bosan, pada variasi kontak pandang guru sudah memperhatikan semua siswa, pada variasi Gerakan anggota badan guru disesuaikan dengan materi pembelajaran, pada aspek perpindahan posisi guru tidak melakukan perpindahan posisi. (2) variasi media dan materi pembelajaran secara keseluruhan guru sudah menggunakan variasi media dan materi pembelajaran disetiap pembelajarannya. (3) pola interaksi yang digunakan guru hanya menggunakan dua pola interaksi yaitu pola interaksi satu arah dan pola interaksi dua arah. Selain itu guru tidak menggunakan pola interaksi yang lain dikarenakan pembelajaran berlangsung secara online.

ABSTRACT

Puspitasari, Ryan. 2021. Teacher Skills in Conducting Online Learning Variations at SDN 2 Tonatan Ponorogo. Essay. Faculty of Tarbiyah and Teacher Training. Department of Teacher Education at Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) State Islamic Institute (IAIN) Ponorogo. advisor,
Keywords: Teaching Variation Skills, Online Learning
Teachers are educators with the main task of educating, teaching, guiding, training, directing students to achieve educational goals. The teacher's role is very important in helping students learn. Along with the times, learning is done online for elementary school children. In online learning, teachers are very influential in providing learning materials to their students. This online learning has the problem of not being able to meet face to face directly between teachers and their students, so teachers are required to provide learning by using several skills that can be used when online learning takes place.
This study aims to (1) describe the variation of teacher teaching styles in class II online learning at SDN 2 Tonatan Ponorogo (2) describe the variety of media and online learning materials carried out by class II teachers at SDN 2 Tonatan Ponorogo (3) describe variations in patterns teacher interaction in class II online learning activities at SDN 2 Tonatan Ponorogo.
To answer the questions above, this research uses a qualitative research approach with a descriptive type of research. To get in-depth data, the researcher used interview, observation, and documentation techniques, while the data analysis used data reduction analysis, data presentation, and conclusion drawing/verification.
The results of the study show that (1) overall teachers have used a variety of teaching style skills well in online learning. in the activity of providing variations in voice the teacher has used a clear voice and can be understood by students, in the variation of the concentration of the teacher's attention using variations of attracting attention with ice breaking, in the variation of giving time the teacher has implemented giving time without any activity that makes students feel bored, on the variation of the teacher's point of view has paid attention to all students, the variation of the movement of the teacher's limbs is adjusted to the learning material, in the aspect of shifting the position of the teacher does not change positions. (2) the variation of media and learning materials as a whole, the teacher has used a variety of media and learning materials in each lesson. (3) the interaction pattern used by the teacher only uses two interaction patterns, namely one-way interaction patterns and two-way interaction patterns. In addition, the teacher does not use other interaction patterns because learning takes place online.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:28
Last Modified: 17 Jan 2022 07:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17771

Actions (login required)

View Item View Item